Berapa Kenaikan Berat Badan yang Normal Untuk Ibu Hamil?

Berapa kenaikan berat badan yang normal bagi ibu hamil?

Ibu hamil pasti akan mengalami kenaikan berat badan, karena memang kenaikan berat badan pada saat kehamilan adalah normal dan tidak dapat dipisahkan, ibu hamil pasti naik berat badannya. Yang menjadi pertanyaan adalah Berapa kenaikan berat badan yang normal bagi ibu hamil? Karena kenaikan berat badan ibu hamil haruslah dikontrol, maka perlu kita cermati kenaikannya.

Apabila kenaikannya tidak terkontrol maka akan terjadi sesuatu yang bisa menghambat proses kelahiran dan juga pasca kelahiran. Pada saat terjadinya kelahiran bila berat ibu hamil terlalu tinggi akibat besarnya sang jabang bayi, akan menghambat proses persalinan terlebih lagi bila besar panggul si ibu tidak memadai untuk dilewati oleh bayi. Sedangkan pasca kelahiran ibu akan menyusui dan umumnya kenaikan berat badan saat menyusui akan lebih cepat menanjak naik.

Pertambahan berat badan ibu hamil yang normal adalah sekitar 13 kilogram dengan rincian yaitu :
  • Berat janin 3,5 kilogram
  • Berat rahim 1 kilogram
  • Berat cairan 1 kilogram
  • Berat air ketuban 1 kilogram
  • Berat plasenta 1 kilogram
  • Berat penmbahan darah 1 kilogram
  • Cadangan untuk berat yang lain sekitar 2 sampai 4 kilogram
  • Pertambahan berat payudara yang membesar sekitar 0,5 kilogram.
Pada kehamilan 3 bulan pertama, berat badan ibu hamil usahakan tidak lebih dari 5kg, sesuai dengan usia bayi dalam kandungan. Pada trimester pertama ini terjadi proses pembentukan fisik bayi, mulai dari mata, hidung, organ vital dll.

Pada usia kandungan berikutnya berat badan ibu hamil akan meningkat dengan cepat, karena air ketuban yang berfungsi melindungi bayi dari goncangan bertambah banyak. Di tahap yang terakhir berat badan masih bertambah tetapi tidak begitu banyak. Tahap ini hanya proses pematangan janin.

Demikian tadi informasi mengenai kenaikan berat badan yang normal terjadi pada ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Berapa Kenaikan Berat Badan yang Normal Untuk Ibu Hamil?