Objek Wisata Terbaru Di Kota Jayapura, Kampung Nelayan Hamadi Distrik Japsel

Objek Wisata Terbaru Di Kota Jayapura, Kampung Nelayan Hamadi Distrik Japsel

Kampung Nelayan Hamadi

Kampung Nelayan yang terdapat di daerah Hamadi, tepatnya di Distrik Japsel (Jayapura Selatan) yang kini banyak dikunjungi masyarakat asli Kota Jayapura dan Kabuipaten Jayapura sebagai salah satu tempat wisata yang terbilang baru karena baru di resmikan oleh pemerinrtah setempat, dan tidak menuntut kemungkinan Kampung Hmadi ini akan menjadi pilihan Objek wisata baru di Kota Jayapura ini yang penuh dengan Sejarah.
Dan selain sebagai akses jalan warga setempat saat bekerja tempat inibagus untuk nongkrong sembarih melihat terbitnya matahari di Kota Jayapura yang akan menunjukan keindahanya di pagi hari.


Kota Jayapura, kini akan bertambah lagi dengan satu obyek Pariwisatanya yang di miliki dengan menjanjikan keindahan di Kampung Nelayan tersebut, dan setelah adanya pembangunan jalan yang menghubungkan antara Hamadi Gunung, Hamadi Hanurata dan Belakang TPI Hamadi dan sekitarnya itu. bahkan Selain membuat jalan di atas laut dengan lebar 2 meter, ada juga yang dibuatkan dermaga yang diberi nama Kampung Nelayan Hamadi.

Wisata

Dimana sekarang ini sudah cukup menyedot perhatian masyarakat dan para pecinta wisata yang ada, karena tempat tersebut telah di tata sangat indah dan menarik untuk di kunjungi bahkan bagus pula sebagai spot foto bagi pecinta fotografi, Kampong Nelayan ini bisa dimanfaatkan menjadi obyek pariwisata, tempat jogging, memancing, selain keperuntukannya untuk memudahkan akses jalan  masyarakat setempat.


Seperti yang di langsir pada Cenderawasih Pos, pada sekira pukul 10.30 WIT, menyempatkan diri melihat kondisi pembangunan jalan yang ada di hamadi dan menemui Ketua RT 04/RW O9 setempat di Hamadi, Distrik Japsel Harun Imbiri, pada Rabu (16/1) kemarin.
Baca Juga : 5 Gunung Terindah di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi
Imbiri pun langsung mengajak saya melihat lokasi dermaga yang diberi nama Kampung Nelayan Hamadi. Ia menceritakan, bahwa pembangunan jalan di atas laut ini sudah tembus sampai TPI Hamadi dan ada kelanjutan lagi hingga belakang Pasar Hamadi dan Hotel Mahkota. Tujuan dibangunnya jalan ini tentu akan semakin memperpendek masyarakat kampung dan anak-anak yang ingin bersekolah di SMPN 9 dan SDN 1, 2 Hamadi.
Tidak hanya itu, untuk memperindah lokasi di sana, pemerintah juga membuat dermaga/ monument yang indah di jalur itu, yang  bisa dimanfaatkan masyarakat setempat untuk refreshing, berolahraga, memancing, yang setiap sore sudah mulai dipadati warga.
Pembangunan ini sangat membantu kami, selain memudahkan akses ke TPI Hamadi, pasar Hamadi, begitu sebaliknya juga yang dari sana juga bisa lebih mudah akan ke SMPN 9, SDN 1, 2 Hamadi, karena anak-anak, bisa lewat jalan ini,’’ungkapnya.

Pembangunan Kampung Nelayan

 

Menurut Imbiri, para nelayan dan warga juga senang dengan adanya jalan dan bangunan ini, karena bisa melindungi nelayan jika ada gelombang besar. Pasalnya, perahu mereka bisa terhindar dari gelombang, karena ada penyangga jembatan dan bangunan lainnya yang bisa menahan gelombang tidak sampai mengenai perahu atau rumah nelayan.

Baca Juga :
“Saat ini memang jalan memang belum diresmikan, sehingga kendaraan sepeda motor tidak boleh lewat dahulu, dan nantinya jika sudah ada peresmian, lalu ada kesepakatan bersama apakah memang jalan ini bisa dilalui kendaraan nanti akan dibahas bersama-sama, karena kami ingin jalan dan bangunan ini harus dijaga dan dirawat dengan baik, ini jalan dan bangunannya harus bisa bertahan lama,’’pintanya.


Imbiri juga mengakui, jalan ini sudah dilengkapi dengan lampu tenaga surya, jika malam hari menyala dengan terang, dimanfaatkan warga untuk nongkrong atupun mincing. Dan tetap menjaga keamanan masing-masing, karena air laut di bawah sangat dalam hingga 3 meter.
Ia juga menambahkan, jika nantinya tempat ini akan dijadikan salah satu obyek wisata, ia selaku warga di sana, tetap setuju dan mendukung. Namun harus dibuatkan aturan yang jelas, supaya kedepannya tidak ada masalah. Karena bagaimanapun jika sudah dijadikan tempat wisata harus ada keamanan, kenyamanan dan pengelolaan yang baik.


Sumber : http://kab-jayawijaya.kpu.go.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Objek Wisata Terbaru Di Kota Jayapura, Kampung Nelayan Hamadi Distrik Japsel"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!