Cara Membuat Kue Lapis khas Indonesia

Cara Membuat Kue Lapis khas Indonesia

 

Kue lapis merupakan salah satu kue khas tradisional yang dimiliki oleh Indonesia, banyak orang yang begitu suka dengan kue jajanan pasar ini karena terkenal kelezatannya dan rasanya yang khas. Kue lapis ini memiliki tekstur yang kenyal biasanya memiliki warna yang menarik dan berbeda - beda yang disusun dengan cara berlapis. Kue ini dibuat dengan campuran bahan - bahan utamanya yaitu tepung beras. Kue lapis tepung beras ini sangat cocok disajikan pada acara atau untuk cemilan di sore hari. Karena rasanya yang manis ini akan senantiasa memanjakan lidah anda dan keluarga.
bahan yang sering di gunakan : 185 gram tepung beras, 150 gram gula pasir, 1/2 sendok teh garam, 7 tetes pewarna hijau, 800 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa, 1/8 sendok teh vanili bubuk. cara membuat kue lapis sebgaai berikut, Kue lapis sendiri sebenarnya bisa dibedakan dari warnanya. Meskipun kue ini terlihat sederhana akan tetapi dalam membuatnya diperlukan trik agar didapatkan hasil kue yang sempurna.


Kue lapis ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji  ataupun perpaduan dari kedua bahan tersebut yang menghasilkan variasi kue lapis yang berbeda dari biasanya anda bisa memadukan keduanya dengan bahan - bahan yang lainnya seperti misalkan singkong atau ubi.
Dalam membuat adonan kue lapis sendiri beberapa hal perlu anda perhatikan. Ketika saat membuat adonan beberapa di antaranya ada yang harus di keplok atau diuleni agar menghasilkan adonan yang lembut. Pada saat anda menuangkan adonan cair, sebaiknya anda tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam loyang adonan. Ini dilakukan agar adonan yang anda buat tidak bergerindil dan dapat menghasilkan adonan yang licin.

Setelah adonan selesai, anda bisa membagi adonan menjadi beberapa bagian atau anda juga dapat memberikan warna sesuai dengan selera. Anda pun bisa menambahkan perasa makanan, baik itu pandan, coklat, susu dan lainya. Warna - warna yang berbeda dari adonan ini akan membuat lapisan dari kue lapis menjadi terlihat lebih bagus dan tentu akan jelas lebih enak rasanya.

Baca Juga :

Dan untuk Lapisan kue tradisional sendiri dibuat banyak lapisan uang dibuat tipis - tipis dan berbeda- beda warna nya.  Namun, anda sendiri juga bisa membuat lapisannya yang agak tebal sesuai dengan selera anda. Hanya saja jangan membuat lapisan yang tebal dan tidak terlalu besar. Hanya cukup dua lapis saja hanya untuk mengukus atau memanggang kue lapis anda bisa dengan menggunakan dan memanfaatkan loyang loaf yang ada, loyang berbentuk kotak dengan ukuran besar Agar adonan tidak rapat ketika dituangkan ke dalam loyang alangkah baiknya anda mengoleskan minyak goreng atau margarin secukupnya sampai merata pada loyang.

Ketika mengukus kue lapis ini, sebaiknya anda menggunakan panci kukus yang memiliki lubang kecil. Dalam membuat lapisan kue lapis ini anda harus memperhatikan kematangan dari lapisan yang pertama sebelum menuangkan adonan selanjutnya. Dan untuk lapisan yang terakhir, kukus agak lama agar kue lapis yang dihasilkan masak dengan sempurna. Untuk menciptakan rasa yang lebih spesial dan istimewa anda dapat menambahkan bahan - bahan yang lainnya sesuai dengan selera anda.

Kue Lapis


Kue Lapis khas Indonesia ini sangat banyak di jumpai di indonesia karena makanan kue ini sangat enak dan lezat pada tiap lapisan yang di gigit.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Kue Lapis khas Indonesia"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!