Absen Sidik Jari Online Merupakan Trobosan Baru Dari Mendigbud Untuk Anak Sekolah

Absen Sidik Jari Online Merupakan Trobosan Baru Dari Mendigbud Untuk Anak Sekolah


Gedebogpisang.com - FINGERPRINT bukan hanya digunakan untuk guru tetapi juga dapat di gunakan untuk siswa/siswi , ini merupakan salah satu dari terobosan terbaru penggunaan fingerprint di sekolah....SMKN 2 Adiwerna Kabupaten Tegal memiliki cara tersendiri untuk mendisiplinkan siswa masuk sekolah. Yakni, menggunakan fingerprint (fasilitas mesin absensi sidik jari ) untuk absensi seluruh siswa. Dan, orangtua siswa dapat mengakses data rekam fingerprint melalui HP/Android.

Kepala SMK N 2 Adiwerna Drs AR Hartono, MM Pd mengungkapkan, hasil fingerprint akan terekam di admin  (guru BK). Jika  tiga hari berturut – turut tidak fingerprint, akan dicrosschek dengan absensi manual di masing-masing guru. “Jika hasil nihil, siswa akan dilakukan pembinaan oleh guru BK dan walikelas,” ujarnya.


Untuk menunjang sistem tersebut, lanjut dia, sekolah harus menyediakan fingerprint sebanyak enam buah. Dan, terdistribusi pada setiap jurusan/kompetensi keahlian. Sebagai admin olah data adalah guru Bimbingan Konseling (BK).

“Orangtua siswa dapat mengakses data rekam fingerprint melalui HP/Android. Karena, data itu di-online-kan langsung melalui web SMKN 2 Adiwerna dengan username masing-masing nomor induk siswa dan orangtua/wali siswa dapat mengatur passwordnya,” terang dia.

Dengan demikian orangtua/ wali siswa dapat memantau kehadiran putra-putrinya melalui HP/android masing-masing. Fingerprint tersebut sudah diuji coba dari bulan Desember.
“Jika ada siswa yang terlambat, orang tua tahu. Kalau dilakukan berulang-ulang, kami ada teguran. Kalau sudah parah, orang tuanya kami panggil ke sekolah,” kata dia.

Penerapan fingerpint tidak hanya sekadar untuk menekan siswa membolos tetapi juga menjadi bagian model pembelajaran teaching factory. Yakni upaya pendekatan pembiasaan/budaya industri ke dalam proses belajar mengajar di SMK.


Hartono menegaskan, SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal telah dipercaya oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pelaksana program SMK Revitalisasi. Konsekuen dan komitmennya adalah mengimplementasikan model pembelajaran teaching factory pada semua kompetensi keahlian/jurusan. (*)




Sumber :

panturapost.com

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Absen Sidik Jari Online Merupakan Trobosan Baru Dari Mendigbud Untuk Anak Sekolah"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!