Manfaat Dari Asuransi Jiwa dengan Nilai Tunai atau Cash Value

Manfaat Dari Asuransi Jiwa dengan Nilai Tunai atau Cash Value

Mengenal Nilai Tunai Dalam Asuransi Jiwa

Dari nilai tunai dalam asuransi jiwa memang dikenal dapat memberikan pertanggungan atau proteksi jiwa bagi pemegang polis tersebut. Asuransi nilai tunai ini biasanya memiliki premi yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan asuransi berjangka lainnya.

Polis asuransi jiwa nilai tunai ini biasanya juga akan memiliki persyaratan mengenai pembayaran premi tetap. Premi asuransi ini sebagian akan dialokasikan sebagai biaya asuransi dan sisanya akan disimpan di dalam akun nilai tunai yang akan menghasilkan tingkat suku bunga yang sederhana dan pajak yang dikenakan pada laba yang terakumulasi.

Nilai tunai pada asuransi ini pada umumnya berfungsi sebagai manfaat hidup bagi pemegang polis, oleh sebab itu, nilai tunai ini dapat diambil oleh pemegang polis selama mereka masih hidup. Beberapa perusahaan asuransi memiliki peraturan tersendiri dalam penarikan nilai tunai ini.

Ada perusahaan asuransi yang memperbolehkan penarikan tanpa batas, tapi sebagian lainnya ada juga yang membatasi jumlah pengambilan dalam jangka waktu tertentu atau sekali dalam satu tahun kalender. Kebijakan lainnya yang mengenai dari nilai tunai yang ada pada suatu asuransi jiwa juga memungkinkan pemegang polis untuk mengambil pinjaman dari nilai tunai tersebut. Biasanya perusahaan asuransi akan membebankan bunga pada jumlah pinjaman dari pemegang polis yang bersangkutan. 


Sebagai informasi, dari suatu jumlah pinjaman dengan nominal yang sangat besar bisa mengurangi manfaat kematian jika sewaktu-waktu terjadi kematian pada pemegang polis sebelum pinjaman dilunasi secara penuh. Selain itu, ada juga kebijakan perusahaan asuransi yang mewajibkan pembayaran kembali bunga pinjaman. Apabila bunga pinjaman tersebut tidak dibayarkan, maka beban bunga tersebut dapat mengurangi sisa nilai tunai anda.

Premi dari polis pun bisa dibayarkan dengan menggunakan dari nilai tunai apabila nilai tunai tersebut sudah mencukupi nilainya yang telah di tentukan. Pemegang polis yang nilai tunainya melebihi nominal dan dapat menutupi pembayaran premi, maka mereka dapat menghentikan pembayaran premi.

Manfaat Nilai Tunai pada Asuransi Jiwa

Berikut ini beberapa manfaat dari nilai tunai dalam asuransi jiwa.

1. Pembayar Berbagai Biaya Yang Terjadi Dalam Produk Unitlink

  • Biaya akuisisi (biasanya dikenakan di 5 tahun pertama)
  • Biaya administrasi
  • Tabarru atau cost of insurance
  • Biaya pengelolaan investasi.

2. Membuat Premi Menjadi Flat

Nominal pembayaran premi pada awal pembukaan akun asuransi unitlink biasanya akan lebih besar. Nominal premi yang besar ini dikarenakan berbagai biaya yang harus dibayarkan seperti biaya asuransi yang biasanya akan naik seiring dengan bertambahnya usia. Tapi untuk meringankan beban pembayaran di masa mendatang, biaya-biaya tersebut dapat tertutupi atau ter-cover karena nilai investasi yang terbentuk sesuai harapan. Dengan demikian premi yang harus dibayarkan akan tetap sama jumlahnya atau flat hingga akhir masa pertanggungan.

3. Memperpendek Masa Pembayaran Premi

Asuransi dengan unsur investasi akan membantu Anda untuk menutup berbagai biaya yang dibebankan kepada Anda sekaligus memperpendek masa pembayaran. Dengan pengaturan premi dasar yang tepat dan pemegang polis melakukan top up sesuai kebutuhan, masa pembayaran premi juga dapat lebih diperpendek. Selain itu proteksi juga akan terus berjalan seiring dengan nilai investasi yang semakin berkembang.

4. Mengembangkan Dana

Pengembangan atau melipat gandakan dari dana demi pertumbuhan modal awal dapat ditempuh dan disebut dengan investasi pada unitlink. Alokasi premi top up yang diperbesar dapat membuat dana semakin berkembang, disamping melakukan top up diluar top up berkala dengan memperhatikan pertumbuhan harga unit.

Maksimalkan Nilai Tunai Atau Cash Value

Bagaimana cara dari memaksimalkan cash value atau nilai tunai dalam suatu asuransi yang Anda ikuti? Ini dia strateginya.

1. Tingkatkan Manfaat Kematian

Nilai tunai dalam suatu asuransi yang Anda terkumpul cukup besar dan tidak bermaksud untuk menggunakannya bagi diri Anda sendiri? Anda dapat meningkatkan manfaat kematian yang lebih besar bagi penerima manfaat polis Anda. Anda hanya tinggal dapat menghubungi pihak dari asuransi dan tingkatkan manfaat kematian pada polis asuransi yang Anda ikuti tersebut.

2. Manfaatkan untuk Membayar Premi

Strategi berikutnya adalah dengan mengalokasikan nilai tunai yang telah berkembang untuk membiayai premi asuransi Anda. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa nilai tunai ini hanya dapat dimanfaatkan saat pemegang polis masih hidup. Oleh sebab itu, Anda dapat memaksimalkan nilai tunai itu untuk pembayaran polis Anda.

3. Lakukan Pinjaman Dana

Strategi lainnya yang dapat memaksimalkan nilai dari suatu tunai dalam asuransi Anda adalah dengan melakukan pinjaman terhadap polis Anda sendiri. Biasanya suatu perusahaan dari asuransi jiwa akan memberikan penawaran pinjaman nilai tunai dengan suku bunga lebih rendah dari bank pada umumnya.
Pinjaman ini sebetulnya tidak perlu Anda kembalikan karena uang pinjaman tersebut sebetulnya adalah uang Anda sendiri.

Tapi, perlu Anda ketahui dari nilai tunai yang Anda “pinjam” tersebut akan ditambah dengan bunga dan akan dikurangkan dari manfaat kematian yang diterima oleh ahli waris.

4. Penarikan Nilai Tunai

Uang tunai dalam polis asuransi Anda dapat diambil untuk kebutuhan Anda, baik itu sebagian atau seluruhnya. Namun perlu diketahui bahwa ini akan mengurangi manfaat kematian dan bahkan menghapusnya sama sekali. Strategi ini perlu dipikirkan secara matang sebelum melakukannya Fakta Nilai Tunai yang Perlu Diketahui, Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Pertama, saat Anda membiarkannya pada perusahaan asuransi untuk membiayai beban biaya yang cenderung naik saat usia Anda bertambah.

Kedua, ketika Anda menariknya untuk keperluan pribadi yang akan berpengaruh pada berkurangnya manfaat kematian yang harus dibayarkan kepada ahli waris saat pemegang polis sudah meninggal. Ingin memaksimalkan penggunaan nilai tunai pada asuransi? Sebaiknya Anda dapat menghubungi penasihat asuransi Anda untuk mengetahui sisi positif dan negatifnya.   

Selain itu, Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini agar rencana keuangan Anda dapat dapat tepat sasaran.







Sumber :
  • ​https://www.finansialku.com/nilai-tunai-dalam-asuransi-jiwa/
  • Asura. 13 Agustus 2018. Manfaat Asuransi Jiwa dengan Nilai Tunai (Cash Value). Asura.co.id – https://goo.gl/tUN4Dz
  • Talking of Money. 6 Cara untuk menangkap nilai tunai dalam asuransi jiwa. Id.talkingofmoney.com – https://goo.gl/U3mVDG
  • Admin. 4 Juni 2017. Penjelasan Nilai Tunai dalam Unitlink. Allianzsyariahdotcom.wordpress.com – https://goo.gl/CfZcpk

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Dari Asuransi Jiwa dengan Nilai Tunai atau Cash Value"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!