Larangan Larangan Saat Puasa Terbaru



Larangan Larangan Saat Puasa Terbaru


Larangan dalam berpuasa merupakan hal yang harus dihindari selama anda menjalankan puasa. Larangan puasa itu akan membatalkan puasa anda jika dilakukan atau di kerjakan. Orang yang tengah berpuasa tidak hanya menahan diri dari makanan dan minuman saja akan tetapi juga memuasakan seluruh anggota badan dari perbuatan dosa itu juga salah satu yang mebatalkan puasa. Memuasakan lisan dari suatu perkataan yang kotor dan keji sehingga jadilah diri kita sebagai pribadi dengan akhlak yang terpuji saat berpuasa.

Larangan puasa itu sendiri sudah diatur dalam Alquran dan hadis Nabi saw.. Supaya puasa anda tidak sia-sia yang menahan lapar dan haus, kita perlu tahu hal-hal yang merupakan larangan saat berpuasa. Sebagaimana makan dan minum akan membatalkan puasa kita, perbuatan dosa juga akan membatalkan puasa anda pahala anda lagi puasa. Jadi puasa anda akan sangat sia-sia.


Jika kita mendengar kata larangan maka sudah pasti hal itu tidak boleh dilakukan bahkan di kerjakan. Larangan puasa apa saja yang harus kita hindari? Mari simak penjelasannya di bawah ini!
  1. Makan dan minum dengan sengaja di siang hari saat tengah menjalankan ibadah puasa. Jika kita melanggarnya sudah pasti puasa kita akan batal.
  2. Melakukan hubungan badan di siang hari. Jika hal ini dilakukan saat berpuasa, yang bersangkutan harus membayar denda atau kifarat. Denda atau kifarat yang harus dibayarkan bagi suami istri yang melakukan hubungan badan di siang hari adalah memerdekakan seorang budak. Jika anda tidak mampu, hal itu dapat diganti dengan puasa selama dua bulan berturut-turut. Jika hal itu tidak mampu juga, yang bersangkutan diharuskan memberi makan enam puluh orang miskin. Jika tidak mampu juga maka anda kifarat tersebut harus dilaksanakan sampai yang bersangkutan merasa mampu.
  3. Memasukkan makanan ke dalam perut. Hal yang termasuk dalam hal ini adalah suntikan yang mengenyangkan dan tranfusi darah bagi orang yang sedang berpuasa.
  4. Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga. Hal ini disebabkan sentuhan, ciuman, atau melakukan onani. Keluarnya air mani karena sedang bermimpi tidak membatalkan puasa karena hal tersebut terjadi secara tidak di sengaja.
  5. Muntah dengan sengaja. Sebagai contohnya adalah jika anda memasukkan benda ke dalam tenggorokan hingga menjadikan anda bias muntah. Hal itu tidak di perboleh dilakukan selama anda lagi menjalankan ibadah puasa dan itu membatalkan puasa kita.
  6. Keluarnya darah haid dan nifas. Haid merupakan peristiwa rutin yang dialami seorang perempuan. Demikian pula dengan nifas. Hal itu akan dialami seorang perempuan usai melahirkan. Seseorang perempuan jika mengalami haid maupun nifas saat bulan ramadhan, maka ia dilarang untuk melaksanakan puasa. Namun, perempuan yang mengalami haid maupun nifas wajib mengganti puasa di waktu yang lain.
  7. Bersaksi palsu. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam sahihnya dari Abi Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa yang tidak meninggalkan omongan yang dusta dan tidak pula meninggalkan perbuatan yang tercela dalam puasanya maka, tidak ada keperluan bagi Allah untuk dia meninggalkan makanan dan minumannya. (H.R. Bukhari, hadis ke 1.903)
  8. Melakukan perbuatan yang sia-sia. Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw., “Bukannya puasa itu hanya meninggalkan puasa dan minum. Hanyalah yang dinamakan puasa itu lah adalah bagi mereka yang meninggalkan perbuatan sia-sia dan juga meninggalkan omongan keji. Jika ada yang mencerca diri engkau atau berbuat dengan perbuatan bodoh terhadapmu, katakanlah kepadanya, ‘Sesungguhnya aku dalam keadaan puasa.'” (H.R. Hakim dalam Mustadraknya jilid hlm. 430–431 dari Abi Hurairah)
  9. Murtad atau keluar dari agama Islam. Sudah pasti hal ini merupakan larangan puasa. Jika ada seseorang keluar dari agama Islam, dia tidak terkena kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa. Namun, murtad merupakan dosa besar yang akan menghapuskan segala amal kebaikan.
Demikian hal-hal yang merupakan larangan puasa. Mari kita isi Ramadan kita kali ini dengan sebaik-baik perbuatan sebagai bekal menuju kehidupan kita di akhirat nanti. Insya Allah.




Sumber : http://abiummi.com/6-perkara-yang-membatalkan-ibadah-puasa/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Larangan Larangan Saat Puasa Terbaru"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!