Manfaat Tomat untuk Menjaga Kesehatan Mata Manusia


Manfaat Tomat untuk Menjaga Kesehatan Mata Manusia



Siapa tak kenal tomat, buah merah yang punya citarasa asam dan segar ini bisa dibilang kerap diolah untuk banyak hal. Menjadi pendamping makanan, pelengkap masakan, sampai dikonsumsi dalam bentuk jus. Tomat buah ajaib yang satu ini, karena cocok dikonsumsi dalam keadaam mentah maupun matang, baik untuk makanan gurih atau minuman manis.

Tomat ternyata banyak mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Kandungan air tomat sekitar 95%. 5% lainnya terutama terdiri dari karbohidrat dan serat. Satu tomat ukuran sedang (123 gram) hanya mengandung 22 kalori. Selain itu, terdapat protein, karbohidrat, gula alami, serat, bahkan omega-3 dan omega-6 yang sangat dibutuhkan tubuh.

Tingkatkan kesehatan jantung

Lycopene adalah antioksidan yang ditemukan dalam tomat yang memberi warna merah pada sayuran. Meskipun bukan nutrisi yang begitu penting, penelitian telah mengaitkan lycopene dengan banyak manfaat yang berhubungan dengan jantung juga.

Selain memperlambat tekanan darah, itu dapat membantu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat. Satu studi yang membahas tentang laki-laki dari Finlandia mengaitkan konsumsi lycopene yang tinggi untuk menurunkan risiko stroke. Selain itu juga, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa lycopene dapat membatasi tingkat keparahan pada kerusakan yang disebabkan oleh serangan jantung.

Menjaga kesehatan mata

Antioksidan dalam tomat tidak hanya lycopene, tetapi juga lutein dan beta-karoten, yang dapat menjaga penglihatan Moms dengan melindungi terhadap perkembangan katarak dan degenerasi makula terkait usia. Kedua zat tersebut dapat mengurangi kerusakan penglihatan yang disebabkan oleh cahaya.

Tomat juga merupakan sumber vitamin A, nutrisi kunci untuk kesehatan mata yang lebih baik. Menurut All About Vision, kekurangan vitamin dapat menyebabkan kerusakan retina dan pengeringan kornea. Selama periode yang panjang, kedua efek dapat mempercepat terjadinya kebutaan.

Meningkatkan bakteri baik di usus

Dalam Tahun ini, ada sebuah penelitian yang berasal dari Spanyol dan meneliti interaksi antara antioksidan dan bakteri usus. Temuan menunjukkan bahwa saus tomat dapat meningkatkan aktivitas probiotik di usus kita. "Kami bekerja dengan tomat mentah dan goreng untuk menentukan dampak pengolahan," kata peneliti senior Ana Belén Heredia. "Dan di antara hasilnya, kami menemukan bahwa menyajikan makanan yang kaya probiotik dengan saus tomat goreng meningkatkan efek probiotiknya."

Makanan super untuk diet diabetes

The American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan bahwa tomat sebagai "makanan super" untuk dimasukkan dalam menu makan sehari-hari pada Negara mereka. "Kabar baiknya adalah tidak peduli bagaimana Anda menyukai tomat tersebut, bubur, mentah, atau dalam saus, Anda mengonsumsi nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin E, dan kalium," kata ADA.

Peringkat GI yang sangat rendah dari tomat ini adalah salah satu alasan utama untuk rekomendasi yang berorientasi pada diabetes. Dengan kata lain, mereka dicerna dengan lambat, yang berarti bahwa kadar glukosa dalam darah akan mengalami peningkatan yang lambat.

Baca juga : 

Menurunkan risiko kanker prostat

Selama bertahun-tahun, banyak studi observasional menemukan hubungan antara tomat dan risiko kanker prostat. Salah satu penelitian di Inggris menunjukkan bahwa laki-laki yang mengonsumsi lebih dari 10 porsi tomat dalam seminggu bisa memiliki kemungkinan 20% lebih rendah terkena penyakit ini. "Temuan kami dalam menunjukkan bahwa tomat mungkin sangat lah penting dalam pencegahan kanker prostat," kata Vanessa Er dari Universitas Bristol.

Namun demikian, para peneliti menekankan bahwa pria harus makan berbagai buah dan sayuran daripada bergantung pada beberapa jenis tertentu.


Sumber : http://batam.tribunnews.com/2019/03/30/sederet-manfaat-tomat-untuk-kesehatan-tubuh-salah-satunya-menjaga-kesehatan-mata?page=4




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Tomat untuk Menjaga Kesehatan Mata Manusia"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!