Perbedaan Dari Identitas Produk dan Pengertian Brand Menurut Para Ahli Yang Ada

Perbedaan Dari Identitas Produk dan Pengertian Brand Menurut Para Ahli Yang Ada

Pengertian dan serta perbedaan dari identitas produk dan merek atau brand dari beberapa literatur bahkan menurut para ahli dan pakar akan menjelaskan tentang masing masing fungsi yang juga berbeda.


Seseorang yang sudah terbiasa dalam berbelanja tentunya akan mengincar nama yang sudah sangat brand atau bermerek dan menjadikannya obyek yang paling pertama kali di ingat. Dari sekian banyak orang juga akan fanatik terhadap merek tertentu untuk menimbulkan rasa percaya diri ketika ia menggunakan produk tersebut.

Sedangkan untuk jaminan kualitas mungkin akan menjadi pertimbangan berikutnya mengingat sudah dari dahulu bahwa produk dengan brand tersebut memang cukup sangat terpercaya sebelumnya dan sangat berkualitas baik.

Fungsi Atau  manfaat identitas dari sebuah produk atau penggunaan brand dan merek


Dari para pakar dan ahli menjelaskan bahwa merek merupakan sebuah dimensi yang secara unik dirancang guna memberikan perbedaan dan bersifat sangat rasional dan tangible. Kemudian juga merek dapat diartikan dari sebuah simbol yang berupa gambar dari brend tersebut, huruf dan angka, susunan warna, dan bisa terdiri dari kombinasi unsur-unsur lain yang menjadi pembeda atau ciri khas antara satu dengan yang lainnya yang dapat menjadi para konsumen senang dan tertarik.

Tidak cukup digambarkan dengan sebuah logo untuk bisa mempresentasikan bahwa terdapat perusahan tanpa menambahkan identitas yang pada umumnya disebut brand atau merek tersebut. Merek ini juga terbagi menjadi beberapa kategori misalkan untuk merek dagang dan merek jasa.

Padahal merek atau brand itu sendiri lebih mengacu pada identitas dari sebuah produk barang atau jasa yang bertujuan supaya para konsumen bisa dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dan inginkan saat itu dengan masing masing kesukannya tersebut.

Penjelasan Dari Brand Name, Brand Mark dan Trade Character

Menurut para ahli, Pada sebuah buku yang di tulis oleh Kismono (2001) menegaskan bahwa merek memiliki pengertian sebgai berikut :
  • Brand name – adalah bagian dari suatu merek yang bisa dilafalkan atau dieja dengan kualitas yang baik
  • Brand mark – adalah suatu simbol atau desain yang digunakan untuk memberikan identitas pada produk atau untuk membedakannnya dengan produk lain yang ternama lainnya.
  • Trade character – adalah bentuk dari brand mark yang mengambil bentuk fisik atau sifat manusia
Dengan demikian telah didapatkan kesimpulan bahwa pengertian dari identitas suatu produk yang berupa merek dan brand tidak hanya sekedar logo maupun simbol saja dalam menjalankan strategi bisnisnya. Namun hal ini berkaitan erat dengan penanaman persepsi yang begitu penting kepada konsumen untuk menjelaskan tentang produk dari perusahaan satu dengan yang lainnya.

Manfaat identitas produk dan benefit bagi perusahaan

Dengan alasan bahwa brand dan merek memang begitu sangat penting bagi perusahaan, maka hal ini juga telah di deskripsikan oleh para ahli mengenai beberapa manfaat yang bisa diperoleh yaitu:
  • Proses identifikasi produk akan semakin mudah termasuk pelacakan dan pencatatan.
  • Fitur dan beberapa aspek unik yang berkaitan dengan produk dapat diproteksi.
  • Dapat memberikan citra yang melekat pada konsumen atau pelanggan.
  • Bisa digunakan untuk mengajukan perlindungan hukum atas hak cipta merek.
  • Menjadikannya signal atau penanda akan tingkat kualitas produk bagi para pelanggan yang puas, agar mereka mudah menemukannya dilain waktu.
  • Memberikan perbedaan atas produk yang serupa dengan milik para pesaing.
Apapun alasannya, sebuah perusahaan tidak seharusnya menganggap merek hanyalah sebuah nama belaka saja. Dengan menjadikan brand adalah sesuatu yang amat berarti dan menunjang di kemudian hari, maka dari itu suatu perusahaan telah dengan tegas memiliki tujuan yang sesungguhnya atas produk yang mereka hasilkan tersebut.

Ketika sebuah perusahaan hanya menganggap merek merupakan nama belaka, hal ini mengindikasikan bahwa mereka tidak memiliki tujuan merek yang sesungguhnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat merek


Selanjutnya tentang apa saja yang harus diperhatikan saat merencanakan membuat merek atau brand untuk sebuah produk.
  • Nama – Merupakan frase kata yang harus mengidentifikasi perusahaan, jasa, produk atau mencerminkan misi perusahaan
  • Logo – Penggambaran secara visual yang mencerminkan merek dagang atau jasa
  • Grafik – Meliputi bentuk dan warna yang sebaiknya di desain dengan semenarik mungkin dan mudah di ingat konsumen
  • Sound – Hal ini sangat penting ketika produk tersebut akan menggunakan iklan pada sebuah media audio visual sehingga konsumen akan berkesan
Kesuksesan sebuah produk baik berupa barang maupun jasa sebenarnya tidak hanya di dukung oleh penggunaan atribut atau peralatan iklan saja. Yang tidak kalah penting dalam melakukan perencanaan promosi sebuah merek ialah tetap memprioritaskan kualitas produk yang nantinya akan memberikan manfaat secara optimal kepada konsumen.

Sekali lagi tanyakan pada diri sendiri apa yang akan diperoleh konsumen setelah mereka membeli produk tersebut?

Dan sangat perlu di ingat bahwa semua lawan bisnis akan bisa dengan mudah meniru atau membuat produk palsu dari merek yang sudah terkenal, akan tetapi apakah mereka bisa membuat produk dengan kualitas yang sama dengan milik anda.





Sumber : http://eranetmedia.com/brand-merek-identitas-produk/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Dari Identitas Produk dan Pengertian Brand Menurut Para Ahli Yang Ada"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!