Kuliner Khas Sumatra Barat Nasi Padang Yang Terkenal

Masakan Padang Yang Enak – Nasi padang adalah nama yang digunakan untuk menyebut segala jenis masakan yang berasal dari kawasan Provinsi Sumatra Barat Minangkabau. Meskipun sesungguhnya berbagai resep masakan khas dari Sumatra Barat mayoritas tidak berasal dari kota Padang saja, misalnya kota bukittinggi, solok, padang pariaman, payakumbuh, dan sebagainya juga dikenal memiliki tradisi kuliner yang kaya.


Pelayan rumah makan Padang mempunyai keunikan dalam menyajikan hidangan mereka membawa sejumlah piring yang akan di hidangan secara langsung dengan bertingkat - tingkat atau bertumpuk - tumpuk dalam piringnya tersebut dengan sebelah tangan saja tanpa jatuh. Hal ini merupakan atraksi yang cukup menarik bagi para pengunjungnya rumah makan tersebut. Kemudian semua piring - piring kecil yang berisikan hidangan ini disajikan kepada tamu. Dan tamu bisa mengambil makanan yang dia sukai dan hanya membayar makanan yang diambil. Jika sudah selesai pelayan akan memeriksa hidangan apa saja yang telah dimakan oleh tamu.

Kuliner Khas Sumatra Barat Nasi Padang Yang Terkenal

 

Sate Padang

sate padang berbeda dengan sate yang ada di Jawa, saus sate Padang menggunakan tepung beras yang sudah diencerkan. Dan dicampur ke dalam air rebusan daging yang kaya rempah - rempah. Sate Padang ini memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan. Ada tiga macam sate Padang yang memiliki saus berbeda.

Rendang

Rendang yang ada pada RM. Padang tak perlu diragukan lagi, rendang merupakan masakan yang sangat enak. Bahkan, telah dinobatkan  sebagai makanan paling enak di dunia. Kelezatan rendang ini di pengaruhi pada proses pembuatannya, yang di panaskan berulang - ulang dengan santan kelapa dan proses memasaknya butuh waktu berjam - jam hingga kering dan berwarna hitam pekat.

Ayam Goreng

Ayam Goreng khas padang Biasanya, masakan ini menggunakan ayam jantan kecil atau ayam kampung yang diungkep dengan bumbu bawang. Remahan bumbu dan kelapa dimasak bersama ayam, digoreng hingga kuning kecokelatan. Terlihat sangat biasa, akan tetapi ayam goreng khas Minangkabau ini sangat gurih dan sedap.

Dendeng

Dendeng Batokok bagi anda yang suka pedas sepertinya akan ketagihan mencoba kelezatan dendeng batokok. Makanan yang di penuhi potongan daging tebal di padukan dengan sambal cabai hijau dan potongan bawang merah di atasnya.

Ikan Balado

Ikan Balado padang, Tiap restoran Padang memiliki resep balado masing-masing. Bahan dasar pembuatan sambal balado adalah bawang merah, cabai, tomat, air jeruk nipis, garam, gula dan cabai merah. Sebagai pelengkap dari makanan, masakan tersebut dicampur dengan sayuran yang telah di rebus sehingga terasa pedas dan manisnya sangat tajam.

Dendeng Balado

Dendeng Balado, selain ikan ada juga dendeng sangat lezat bila dikombinasikan dengan sambal balado. Renyah dan gurih dendeng dengan sambal, langsung membuat kita menjadi lapar dengan aromanya. Di restoran Minang dendeng balado berwarna hitam, diiris tipis dan digoreng sampai kering dengan sambalnya terasa pedas karena menggunakan cabai rawit yang tak dibuang bijinya.

Ikan asam padeh

Ikan asam padeh merupakan salah satu dari daftar makanan khas Minangkabau yang tidak menggunakan santan sama sekali. Meski bersantan, kuah asam padeh tampak keruh karena menggunakan kemiri. Asam padeh paling sering di padukan dengan ikan tongkol. Sesuai namanya, rasa masakan ini terasa asam dari kandis dan pedas dari cabai.

Telur dadar

Telur dadar selain paling murah, telur dadar ini tak kalah nikmat. Telurnya sangat tebal dengan paduan potongan daun bawang hingga parutan kelapa. Meskipun sangat sederhana, telur dadar ini membuat kita merasakan kenikmatan saat di makan. Ditambah siraman kuah rendang dan sambal hijau, telur dadar Padang siap disantap bersama nasi hangat.

The Talua

Dan minumnya pas dengan The Talua pas menemanin makanan padang anda, Teh ini merupakan menu minuman khas Sumatera Barat. Kamu bisa menemukannya di warung warung tradisional maupun restoran Padang. cara penyajian minuman ini terdiri dari teh, gula, telur, dan sedikit perasan jeruk nipis. Aromanya sangat wangi dan tidak terasa bau amis telur di dalamnya.

Kuliner Khas Sumatra Barat Nasi Padang Yang Terkenal sangat enak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuliner Khas Sumatra Barat Nasi Padang Yang Terkenal"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!