Objek Wisata yang Populer di Papua

Objek Wisata yang Populer di Papua

Raja Ampat

Raja Ampat memang tengah menjadi hits dalam beberapa tahun terakhir ini baik di luar negri maupun di dalam negri. Kabupaten di barat Papua ini menyajikan eksotisme alam yang tidak ada bandingannya. Pemandangan di Raja Ampat yang alami menjadi magnet tersendiri yang tidak bisa ditolak oleh para traveler dari seluruh dunia.


Untuk mencapai Raja Ampat, Anda memang harus bergonta-ganti moda transportasi yang ada. Penerbangan menuju Papua biasanya berakhir di Jayapura. Dari sana, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan pesawat lebih kecil menuju Sorong atau kapal laut namun jika kapal laut sedikit lama anda nyampai di sorong.


Selanjutnya, dari pelabuhan Sorong Anda bisa menggunakan kapal untuk menuju Waisai, Ibu Kota dari Kabupaten Raja Amat. Dari sana Anda tinggal dapat menentukan akan mengunjungi pulau yang mana lebih dulu. Karena pada dasarnya Raja Ampat adalah kepulauan yang terdiri dari 4 pulau utama yaitu Batanta, Waigeo, Missol, dan Salawati yang memiliki ke elokan yang sangat indah.


Anda dapat menikmati keindahan biota laut yang tersebar di perairan Raja Ampat yang indah. Bahkan menurut badan konservasi internasional, Raja Ampat memiliki 75% spesies laut di dunia ini salah satu yang menarik para wisatawan asing untuk dating ke sini. Perairan Raja Ampat menjadi rumah dari 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan dan biota di area seluas 4,6 juta hektar. 


Baca Juga :
  1. Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan 
  2. Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan 
  3. Kandungan Nutrisi Durian yang Belum Banyak Orang Ketahui 
  4. Jenis Penyakit dan Gangguan Kesehatan Yang Sering Menimpa Balita
 



Tak hanya itu saja yang di miliki Raja Ampat, di sini raja ampat memiliki desa tradisional bernama Desa Arborek. Desa yang berada di satu pulau kecil ini terdapat satu makanan yang sangat khas, Sinole. Makanan yang terbuat dari sagu ini bisa menjadi salah satu buruan Anda ketika mengunjungi Raja Ampat karena makanan ini merupakan makanan khas asli papua.



Taman Nasional Teluk Cendrawasih


Kawasan lain yang menyajikan akan keindahan alamnya khas dari Papua lain adalah Teluk Cendrawasih. Tepatnya di Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang merupakan taman laut terluas yang ada di Indonesia. Luasnya mencapai lebih dari 1,4 juta hektar. Terdapat 500 jenis karang yang menjadi rumah bagi lebih dari 950 hewan laut.




Taman laut yang ditetapkan sebagai cagar alam nasional pada 2002 ini juga menjadi tempat tinggal bagi habitat hiu paus, penyu, ikan dugong, dan napoleon wrasse. Letak Taman Laut yang satu ini masuk dalam dua provinsi. Mencakup dari 5 kabupaten sekaligus yaitu, Teluk Wondana dan Manokwari di Papua Barat, lalu Nabire, Yapen, dan Waropen di Papua.




Danau Sentani

Sebelum bumingnya Raja Ampat terkenal sebagai destinasi wisata yang ada di Papua, ada satu wilayah yang tak kalah eksotisnya dan tak kalah indahnya. Ketika Anda terbang menuju Jayapura, sebelum anda mendarat pasti akan melihat sebuah danau dengan berbagai pulau kecil sebagai bagian dari danau tersebut. Itu adalah Danau Sentani.


Danau Sentani memang cukup unik. Karena mempunyai puluhan pulau kecil di dalamnya. Bahkan sebagian pulau tersebut ada yang berpenghuni. Jika berminat mengunjungi salah satu pulau, coba datangi Pulau Asei. Di sana masyarakatnya pandai membuat kerajinan yang sangat unik dan khas asli papua.


Mayoritas dari masyarakat yang tinggal di sekitaran Danau Sentani ini menyandarkan hidupnya kepada kandungan alam yang ada tersebut yaitu danau. Menjadi nelayan dari puluhan jenis ikan yang hidup di danau tersebut merupakan sumber mata pencarian mereka.

Jika memang ingin mengunjungi Danau Sentani, lakukan pada sekitar bulan Juni. Karena saat itu biasanya diadakan Festival Danau Sentani. Ada banyak aktivitas tradisional yang dilakukan masyarakat di sana. Termasuk menyajikan tarian tarian perang yang merupakan bentuk lain dari peperangan yang dulu sering dilakukan antar suku di Papua.













Sumber : https://bp-guide.id/AXyXy1HL

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Objek Wisata yang Populer di Papua"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!