Oleh oleh Khas dari Papua yang Wajib Anda Bawa

Oleh oleh Khas dari Papua yang Wajib Anda Bawa

Noken

Noken dikenal sebagai “tas” Papua yang telah mendunia. Biasanya noken terbuat berasal dari serat kayu, namun saat ini para pengrajin noken yang notabene adalah Mama – Mama Papua juga merajutnya dari benang wol juga ya gayssss.

Noken tersebut mudah dijumpai. Di Kota Jayapura dan sekitarnya sangat lah muda menemukan noken yang anda ingin beli ya gaysss, dan bahkan mama – mama papua biasanya menggelar dagangannya di emperan toko atau pinggir jalan. Tempat penjualan noken yang lain adalah di Pasar Mama – Mama Papua yang berada tepat pada jantung kota Jayapura ataupun di tempat pasar kerajinan yaitu di Hamadi. 

Harga dari noken sangat bervariasi tergantung dari bahan dan ukuran, serta tingkat kesulitan pembuatan. Kisarannya dari 100 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Harga noken yang mencapai jutaan rupiahpun tak lain adalah noken anggrek ya gaysss. 

Para pengrajin noken kini mulai membuat berbagai varian noken dalam produknya, misalnya saja baju rajut ya gayssss.

Koteka

Koteka juga dikenal sebagai ciri khasnya masyarakat Pegunungan Tengah Papua. Koteka di gunakan sebagai penutup aurat pria alias busana tradisional yang memiliki nilai leluhur yang tinggi. Koteka sendiri terbuat dari sejenis labu, yang diolah sedemikian rupa hingga bisa menjadi seperti yang kita lihat saat ini (Koteka). Mungkin karena bentuknya yang sangat unik dan original, tak sedikit orang yang menjadikan koteka sebagai souvenir. 

Jika kamu berkunjung di Kota Jayapura, singgahlah di Pasar Kerajinan, disana selain koteka berbagai kerajinan tangan lainnya tersedia juga ya gaysss. Harga koteka sendiri, cukup terjangkau dan berfairasi harganya ya gaysss, dalam kisaran puluhan ribu rupiah saja per bijinya.

Batik Papua

Batik Papua, ada banyak ragamnya dan Motifnya juga batik Papua sangat unik, berbeda dengan motif dari daerah lainnya. Bahkan, di Papua sendiri memiliki banyak motif, ada motif pesisir pantai, motif danau Sentani dan motif pegunungan. Misalnya saja, pada motif cendrawasih, honai dan berbagai motif yang lainnya. Harganya pun sangat bervariasi dengan kisaran harga kurang lebih 45 ribu rupiah per meternya, bahkan hingga jutaan rupiah ya gaysss. Cukup banyak gerai batik yang ada, baik di pasar, pusat perbelanjaan maupun di mall juga ya gayssss. Jadi, tidaklah susah untuk mendapatkannya.

Di Jayapura, pusat penjualan kerajinan ada di pasar Hamadi, namun ada beberapa tempat lain yang menjual kerajinan tersebut seperti di toko toko.

Ini baru sebagian kecil dari oleh oleh khas papua, karena di Tanah Papua terkenal akan kekayaan dan keindahan alamnya. Dipastikan, setiap orang yang mengunjungi Papua akan mendapatkan kesan yang mendalam dan selalu teringat untuk kembali lagi ke papua. Biasanya, hal pertama yang membuat orang terkesan di papua adalah keindahan alamnya dan wisata kulinernya yang sangat khas.

 

Sumber : https://imajipapua.com/2018/06/18/7-oleh-oleh-khas-dari-tanah-papua-yang-wajib-di-bawa-pulang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Oleh oleh Khas dari Papua yang Wajib Anda Bawa"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!