Upacara 17 Agustus 2019 di Puncak Gunung Gamalama Ternate yang Di Lakukan oleh Expedisi Fere Kie dan Komunitas Pecinta Alam serta TNI Membuat Decak Kagum Masyarakat Luas

Upacara 17 Agustus 2019 di Puncak Gunung Gamalama Ternate yang Di Lakukan oleh Expedisi Fere Kie dan Komunitas Pecinta Alam serta TNI Membuat Decak Kagum Masyarakat Luas


Konon Gunung tertinggi tinggi yang menjulang terlihat sangat gagah berdiri seolah menguasai Pulau Ternate. Hamparan pepohonan yang terbentang membentuk balutan selimut hijau dan memanjakan mata saat memandang. Suara desiran ombak yang terdengar lembut menderu yang menenangkan jiwa. Ternate merupakan bagaikan dari sebuah pulau dengan gunung Gamalama sebagai pusatnya.

Berbicara Ternate tidak akan pernah lepas dari keberadaan Gunung Gamalama ini. Gunung ini adalah salah satu Gunung vulkanik tinggi yang terdapat di Indonesia bagian timur. Gamalama memiliki ketinggian kurang lebih mencapai 1.715 meter di atas permukaan laut dengan Hutan yang hijau dan sangat lebat mencapai ketinggian 1.500 meter. Hal yang menarik dari Gunung Gamalama ini adalah bentuknya yang terbilang kerucut dan merupakan keseluruhan bagian dari Pulau Ternate.


Tidak hanya terkenal akan keindahannya, gunung besar ini juga memiliki nilai sejarah yang luar biasa terkait perjalanan panjang manusia yang mendiami pulau Ternate sejak masa lampau. Nama Gunung Gamalama berasal dari kata Kie Gam Lamo yang berarti “Negeri yang Besar” dan menjadi simbol kebesaran bangsa yang mendiami Pulau Ternate ini. Salah satu dari kisah Legenda yang lahir dari peristiwa letusan Gunung Gamalama ini adalah asal-usul terjadinya Danau Tolire. Yang mana awalnya, Danau Toire ini adalah sebuah desa yang bernama Soela Takomi dan pada tahun 1775 Gunung Gamalama ini meletus hingga menghancurkan pedesaan bersama penduduknya.
Pada hari Jumat tanggal 16 Agustus 2019 Pukul 07.00 sd hari Minggu tgl 18 Agustus 2019,Pukul 19.00 yang di lakukan para pecinta alam dan anggota TNI melakukan kegiatan Pendakian Gunung Gamalama ini, dan berziarah ke makam para wali yang terdapat di gunungtersebut, para komunitas tersebut melakukan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih dan melaksanakan kegiatan pembersihan disekitar area puncak gunung gamalama (Kegiatan Bari-Bari) oleh para Expedisi Fere Kie (komunitas Dufa-Dufa Bergerak) yang diketuai oleh saudara Hasrul bersama komunitas lainnya dan perwakilan dari Kodim 1501/Ternate,Korem 152/Babullah, Letda inf.Yus Budi Harto,A.Md.Kep (Pasandi Kodim 1501/Ternate dan anggota unit intel Kodim 1501/Ternate,Srd Afit Puren serta dengan seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah - + 350 orang.


Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan para komunitas pecinta alam dan anggota TNI ini :

1. Pada hari Jumat tanggal 16  Agustus 2019, Pukul 07.00 WIT

a. Pukul 08.00 WIT Peserta Expedisi Fere Kie( Komunitas Dufa Dufa bergerak) tiba di kel.moya kec ternate tengah yang dipimpin oleh ketua panitia saudara Hasrul.

b. Pukul 08.15 WIT, Peserta Expedisi Fere Kie (Komunitas Dufa Dufa bergerak) bersama Pasandi kodim 1501/ Tte ( Letda Yus Budi Harto A.Md.Kep) dan anggota Unit intel kodim 1501/ Tte ( Serda Afit Puren) melaksanakan pendakian gunung gamalama menuju Pos1.

c. Pada Pukul 10.00 WIT Peserta Expedisi Fere Kie, ( Komunitas Dufa Dufa bergerak ) tiba di Pos 2.

d. Kemudian di lanjutkan pada Pukul 12.00 WIT Peserta Expedisi Fere Kie, ( Komunitas Dufa Dufa bergerak)tiba di Pos 3.

e. Dan pada Pukul 14.30 WIT Peserta Expedis Fere Kie, ( Komunitas Dufa Dufa bergerak) tiba di Pos 4.

f. Pukul 15.30 WIT Peserta Expedisi Fere Kie, ( Komunitas Dufa Dufa bergerak tiba di Pos 5 Pendakian gunung gamalama.

g. Pukul 16.00 WIT Peserta Expedisi Fere Kie, ( Komunitas Dufa Dufa bergerak) tiba di Pos 6 di puncak Gunung Gamalama dan melaksanakan pemasangan tenda serta istirahat malam.

2. Pada hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2019, Pukul 10.00 WIT

a. Pukul 07.00 WIT Peserta melaksanakan ziarah di makam para wali.

b. Pukul 10.00 WIT melaksanakan Upacara Pengibaran Sang Merah Putih dalam rangka Memperingati HUT RI Ke 74 tahun 2019 dengan bertindak sebagai Komandan Upacara Letda Inf. Yus Budi Harto,A.Md.Kep ( Pasandi Kodim 1501/ Ternate)
bertempat  di Puncak Gunung Gamalama dengan ketinggian 1.715 mdpl.

c. Susunan upacara sbb :

1). Persiapan upacara
2). Upacara 17 agustus Thn 2019 akan segera dimulai.
3). Komandan upacara memasuki lapangan upacara
4). Pengibaran Bendera Merah Putih di iringi lagu lndonesia Raya oleh seluruh peserta upacara.
5). Pembacaan doa.
6). Upacara selesai, Komandan upacara dapat membubarkan pasukannya.

d. Peserta upacara terdiri dari :

1). Satu Sst dari Komunitas MDX.
2). Satu Sst dari Komunitas FKCP.
3). Satu Sst dari Komunitas SDK RUTAN.
4). Satu Sst dari Komunitas ROMPONG IJO.
5). Satu Sst dari Komunitas MIPA IAIN
6). Satu Sst dari Komunitas Mc- AIKOM
7).Satu Sst dari Komunitas PMI.
8). Satu Sst dari Komunitas KPG.

d. Pukul 10.20 WIT Kegiatan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT RI Ke 74 Selesai.

e. Pukul 10.25 WIT, dilanjutkan Sesi Foto bersama dengan Peserta EKSPEDISI FERE KIE (Komunitas Dufa Dufa Bergerak) dan peserta upacara lainnya.

f. Pukul 10.30 WIT kegiatan dilanjutkan dengan Ziarah ke makam Para Wali yang berada di Puncak Gunung Gamalama yang dipimpin oleh Prajurit Kadaton Kesultanan Ternate.

g. Pukul 11.00 WIT, Semua rangkaian kegiatan selesai dalam keadaan aman dan dilanjutkan menuju tenda untuk melaksanakan istirahat.

h. Pukul 16.00 WIT Para peserta pendaki gunung melakukan kerja bakthi pembersihan area Puncak Gunung Gamalama (Bari Bari).

i. Pukul 17.00 WIT , dilanjutkan istrahat malam.

3. Pada hari minggu tanggal 18 Agustus 2019

a. Pukul 08.00 WIT para peserta Expedisi Fere Kie melaksanakan pembersihan area puncak gunung gamalama.

b. Pada Pukul 11.00 WIT Para peserta Expedisi Fere Kie (Komunitas Dufa Dufa bergerak) Meninggalkan Area Puncak gunung gamalama menuju Kota ternate Melalui Pos 6 - Pos 1.

c. Pukul 18.30  WIT Para peserta Expedisi Fere Kie ( Dufa Dufa bergerak) tiba di Kel.Moya Kec. Ternate tengah dalam keadaan aman selanjutnya para peserta melanjutkan  perjalalan ke kelurahan Dufa-Dufa melaksanakan pengecekan personil dan materil aman dan lengkap.

Pada Pukul 19.00 WIT. Seluruh kegiatan Expedisi Fere Kie selesai dka.


Harapan dari para komunitas pecinta alam

“ kita semua berkewajiban melanjutkan mengisi kemerdekaan dan menjaga kelestarian alam yang kita miliki “



Berbagai Gambar Kegiatan di Gunung Gamalama Ternate :

 Komandan Upacara memberikan penghormatan

pembacaan doa







Berdoa di Makam Bersejarah








Letda inf. Yus Budi Harto, A.Md.Kep

 bravo tni
Sumber : Letda Inf. Yus Budi Harto,A.Md.Kep ( Pasandi Kodim 1501/ Ternate)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Upacara 17 Agustus 2019 di Puncak Gunung Gamalama Ternate yang Di Lakukan oleh Expedisi Fere Kie dan Komunitas Pecinta Alam serta TNI Membuat Decak Kagum Masyarakat Luas"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!