Wisata Di Jayapura Tersembunyi

Wisata Di Jayapura Tersembunyi

Danau Sentani

Di dalam kota Jayapura ternyata memiliki sebuah danau yang sangat indah amat indah untuk di nikmati baik suasana dan menyenangkan mata sejauh mata memandang, yang lokasinya dekat sekali dengan kota ini sehingga tidaklah mengherankan begitu para turis sampai di sini danau tersebut bisa langsung dilihat oleh mereka dari atas pesawat saat mau mendarat. Ini di karenakan letak dari danau sentani membentang luas di kota jayapura.


Luas dari Danau Sentani itu sendiri adalah 245 ribu hektar. Di bawah Pegunungan Cagar Alam Cyclops inilah tepatnya Danau Sentani berada. Di sekitar danau terdapat banyak desa, sejumlah kurang lebih 24, memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang ingin bermalam. Pada saat bulan Juni datang, danau ini lebih banyak dikunjungi oleh para turis karena mereka ingin melihat, menikmati dan mengikuti segala hal yang ada di dalam Festival Danau Sentani.



Baca Juga :
  1. Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan 
  2. Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan 
  3. Kandungan Nutrisi Durian yang Belum Banyak Orang Ketahui 
  4. Jenis Penyakit dan Gangguan Kesehatan Yang Sering Menimpa Balita

Tarian adat yang di peragakan di atas perahu adalah tarian perang, dimana ini merupakan upacara adat penobatan Ondoafi dan beragam kuliner khas Papua disuguhkan di festival yang diselenggarakan selama lima hari tersebut.

Pantai Holtekamp


Pantai yang letaknya ada di Koya Utara ini. Membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam perjalanan darat jika dari sentani sedangkan jika berangkatnya dari kota Abepura kira-kira akan memakan satu jam perjalanan darat yang harus di tempuh dengan pemandangan hamparan lautan yang indah.

Air Terjun Cyclop


Berlokasi di Kabupaten Jayapura kota sentani, meskipun Cyclop termasuk ke dalam kawasan cagar alam yang harus dilindungi dan menyimpan banyak sekali mitos, air terjun ini tetap bisa menarik minat para wisatawan untuk berkunjung karena menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Sumber Air Terjun Cyclop berasal dari Gunung Cyclop. Itulah sebabnya nama dari air terjun tersebut diambil dari nama gunungnya. Untuk menuju air terjun tersebut, jika berangkatnya dari kota Jayapura akan memakan jarak tempuh kurang lebih 27 kilometer. Jarak tempuhnya akan lebih dekat, sekitar 7 kilometer kalau berangkatnya dari Bandara Sentani. Dan Untuk bisa mencapai air terjun, para pengunjung diharuskan berjalan kaki sejauh kurang lebih dua kilometer, melewati batu-batu besar dan mendaki tanjakan yang terjal.

Jayapura City


Puncak atau bukit Jayapura City adalah ikon kebanggaan masyarakat Papua, khususnya kota Jayapura. Ikon ini lokasinya ada di Pelabuhan Jayapura. Panorama Teluk Jayapura yang menawan dan keindahan kota Jayapura di waktu malam hari bisa kita lihat dengan jelas dari bukit ini. Biasanya pada malam minggu Bukit Jayapura City sering sekali dikunjungi oleh kawula muda Jayapura dan sekitarnya, untuk nongkrong sekaligus menikmati hembusan angin malam dan menyantap es kelapa muda yang segar. Jayapura City dikenal juga dengan nama Bukit Jokowi karena sebelumnya presiden Jokowi pernah mengunjungi tempat wisata ini.

Teluk Youtefa


Teluk Youtefa yang berlokasi kurang lebih empat kilometer dari kota Jayapura, merupakan taman wisata alam yang masuk ke dalam wilayah konservasi alam. Teluk ini mendapat julukan “teluk di dalam teluk” karena letaknya memang ada di dalam Teluk Yos Sudarso atau Teluk Humbold. Teluk Youtefa dikenal karena hutan bakaunya yang sangat indah. Untuk menuju teluk ini, bisa dilalui dengan bermacam-macam cara, yang pertama lewat laut- udara, dengan menggunakan Skyline Jayapura, nantinya kita bisa melihat kecantikan teluk ini dari atas. Kemudian dengan menaiki kendaraan umum atau ojek. Rute yang ditempuh adalah Jayapura-Abepura-Tanah Hitam dengan jarak tempuh 35 menit. Ada yang lebih cepat lagi, kurang lebih seperempat jam, dengan rute Jayapura-Entrop. Teluk Yotefa diapit oleh Tanjung Saweri di bagian kanannya dan Tanjung Pie di sebelah kirinya. Masyarakat Kampung Nafri, Enggros dan Tobati yang berada di teluk ini mencari ikan sebagai mata pencahariannya dan makanannya sehari-hari. Keunikan dari teluk ini adalah bisa dipakai untuk bermain bola volly dan bola kaki kalau air lautnya sedang surut, sebaliknya akan menjadi lautan yang luas jika airnya pasang.

Kali Biru Genyem


Kali Biru Genyem letaknya agak jauh dari kota Jayapura, jarak tempuhnya kurang lebih dua jam. Namun perjalanan yang lumayan jauh tersebut tidak akan membosankan karena selama di dalam perjalanan kita akan disuguhi oleh pemandangan yang indah alami dan lagi kita juga akan melewati Danau Sentani, yang sudah terkenal karena kecantikannya. Kali Biru Genyem adalah kali yang berwarna biru, airnya begitu jernih.

Danau Love


Danau Love lokasinya ada di kota Jayapura. Danau ini aslinya bernama Danau Imfote. Masyarakat setempat menamainya Danau Love karena kalau kita perhatikan dengan seksama bentuk danaunya seperti bentuk hati. Danau Love yang dikenal juga dengan nama Telaga Cinta ini memiliki panorama alam yang cantik di sekitarnya, seperti hamparan padang rumput yang ada di atas bukit. Penduduk sekitar banyak yang menjual makanan khas Papua, yakni papeda, biasanya khusus ditujukan bagi para turis. Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, para pengunjung dikenai tiket masuk sekaligus juga sebagai retribusi parkir sebesar kurang lebih 40.000 rupiah.

Bukit Teletubbies


Lokasinya ada di kawasan Sentani, tepatnya di Dobonsolo. Bukit ini masih masuk dalam wilayah Danau Sentani. Dinamakan Bukit Teletubbies karena memang menyerupai bukit yang ada di film Teletubbies yang sangat terkenal tersebut, indah sekali. Untuk bisa melihat keelokan Bukit Teletubbies, dibutuhkan tiga macam cara. Cara pertama melihatnya dari kursi pesawat terbang yang kita naiki. Dari atas kita bisa melihat hijaunya bukit yang sepertinya bergelombang, ditambah dengan kecantikan awan-awan putihnya. Cara yang kedua dengan melihatnya di Tugu Mac Arthur. Cara yang terakhir adalah langsung menuju Danau Sentani, mengelilinginya dengan menyewa perahu sebesar 200.000 hingga 300.000 rupiah, yang bisa diisi oleh tujuh sampai sepuluh orang.

Bukit Salib Doyo Lama

Bukit Salib berlokasi di Waibu, di Doyo Lama. Sebuah bukit yang sangat menawan, di mana di puncaknya terdapat salib. Latar belakangnya indah sekali, ada Danau Sentani, hamparan padang hijau yang luas dan kampung-kampung yang berada di pinggiran danau, sangat instagramable, sayang sekali kalau tidak diabadikan.















Sumber : https://www.gotravelly.com/blog/tempat-wisata-di-jayapura/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Di Jayapura Tersembunyi"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!