Wisata Yang Terdapat Di Sentani Dan Jayapura Papua

Wisata Yang Terdapat Di Sentani Dan Jayapura Papua


Tempat wisata yang terdapat di papua taakan ada habisnya dengan waktu ,tahun demi tahun malah muncul tempat dengan destinasi pemandangan yang indah dan elok bagi para pencinta travelling, seakan tak akan ingin mengejamkan mata dengan kindahan alam yang dimiliki kota ini, jayapura merupakan salah satu tempat yang bersejarah dan memiliki kenangan perang dunia silam. 

Dengan sapaan pemandangan Sentani sesaat sebelum mendarat di landasan Bandar udara sentani tersebut membuat serotin di dalam diri saya melonjak. Langsung memompa semangat kegembiraan untuk menjelajahi tempat wisata yang ada di Jayapura lebih dalam lagi. Saya meyakini masih banyak lagi tempat yang lebih indah di papua ini, selain hasil bumi seperti tambang emasnya yang sangat besar.

1. Danau Sentani

Danau seluas 9360 hektar ini begitu membius, bukan saja karena luasnya namun juga karena keramahan penduduknya. Saat saya tiba di Pantai Khalkote yang merupakan ikon Danau Sentani banyak yang langsung menyapa ramah dengan senyum terkembang penuh rasa persaudaraan. Apalagi alamnya yang berada di lereng bawah Pegunungan Cagar Alam Cyclops membuat danau ini tambah memikat 

Terdapat beberapa titik yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan Danau Sentani dengan pemandangan yang berbeda-beda, yaitu: Pantai Khakote, Kampung Sereh Tua, Pelabuhan Yahim, dan Jembatan Kuning Farbes. 

Ohya, setiap pertengahan tahun diadakan Festival Danau Sentani yang merupakan agenda tahunan pariwisata. Kita bisa melihat pakaian adat Papua, makanan khas masyarakat di sini hingga tarian perang yang diiringi musik dan nyanyian tanpa pengeras suara namun riuhnya begitu membahana seantero danau. Keren deh pokoknya.

2. Pantai Harlem

Salah satu pantai terindah yang pernah saya lihat dengan pasir putih yang lembut dan bibir pantai yang teduh. Berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik, semilir angin langsung membelai wajah saat kami tiba di ke Pantai Harlem. 

Pohon kelapa dan pohon sagu banyak tumbuh di tepian membuat pantai yang sangat populer di masyarakat Jayapura ini makin terlihat eksotis. Banyak anak kecil berlarian dan berlompatan dari dahan pohon kelapa yang menjorok ke laut. Langsung nyebur ke asinnya samudra seolah dunia adalah taman bermain yang luas milik sendiri. 

Tawa dan kecipak air terdengar di mana, membuat pantai ini terasa sangat ceria. Saya sendiri memilih snorkling bersama teman-teman sedikit agak ke tengah laut. Oh ya enggak ada penginapan di sini, hanya warung-warung penjaja makanan dengan bonus sepanjang mata memandang lautan luas yang menyegarkan jiwa.

3. Pantai Amai

Pantai yang dikenal sebagai tempat pendaratan tentara sekutu ini cukup unik karena merupakan pertemuan antara air asin dan air tawar. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di sini, mulai dari main voli pantai, berenang, sampai snorkling segala lho. Oh ya, agak ke tengah sedikit akan ada beberapa tambak ikan dengan sampan-sampan kayunya. Permisi sedikit ke empunya, maka kita pun bisa mencoba menganyuh sampan kayu tadi. Pssst, ternyata susah menjaga keseimbangan di sampan kecil begini! Hahaha.

4. Desa Tablanusu

Pernah enggak mampir ke pantai tanpa pasir? Awalnya saya sangsi apa ada pantai begitu, namun begitu menjejakkan kaki di Desa Tablanusu saya pun melambaikan tangan good bye sama kesangsian saya. Hahaha. Desa Tablanusu ini begitu unik dengan keseluruhan pantai dan jalanannya yang penuh dengan kerikil lonjong yang herannya tumpul lho. Kita bisa duduk-duduk santai menikmati es kelapa muda sambil bercengkerama menikmati hari.

5. Desa Tablasuppa

Salah satu desa terapung dengan penduduk yang super ramah. Tak sampai 30 menit waktu yang diperlukan untuk berkeliling di desa yang semua penduduknya adalah nelayan ini. Jangan kaget ya, sesekali terdengar papan kayu yang berderit-derit saat kita menjelajah perkampungan di daerah Depapre ini. Seru!

6. Desa Yokiwa

Mampir ke Desa Yokiwa itu rasanya seperti pulang ke rumah sendiri. Sambutan hangat dan senyum lebar langsung kami dapatkan. Desa Yokiwa ini lokasinya ada di tengah-tengah Danau Sentani, sehingga kalau mampir ke sini itu artinya sepaket sama petualangan menyeberangi Danau Sentani dengan angin nakalnya yang kadang memporakporandakan poni rambut. Hahaha. Walaupun ada di tengah danau, namun desa Yokiwa ini sangat maju. Pemikiran penduduknya pun maju, banyak yang menyekolahkan anak-anaknya ke kota bahkan sampai ke Pulau Jawa.

7. Bukit McArthur

Deg-deg.an, itu hal pertama yang saya rasakan saat menuju Bukit McArthur. Lokasinya ada di kawasan Kodam XVII Cenderawasih, mesti melewati pos penjagaan dan menyerahkan KTP. Phew! Berasa di film-film. Hahaha. Namun begitu sampai di puncak Bukit McArthur, pemandangan Sentani dari ketinggian langsung memukau mata. Betah banget duduk diam menghabiskan waktu di sini apalagi kalau digandeng kesayangan. Hasyeeek!

8. Danau Love, Telaga Emfote

Ini adalah danau yang eksotis banget. Nama aslinya adalah Danau Emfote tapi banyak yang menyebutnya Danau Love karena bentuknya yang memang unik. Jika dilihat dari atas seolah membentuk gambar hati. Waktu terbaik untuk mampir adalah menjelang sore dan nikmati sensasi matahari tenggelam alias sunset yang menawan.

9. Bukit Teletubbies

What can I say about this beautiful hill except BREATHTAKING? Sedikit PR buat naik ke sini tapi ya memang luar biasa cantiknya. Duh, suka deh melihat hamparan perbukitan hijau dengan pemandangan danau dan pegunungan. Kombinasi yang menakjubkan!

10. Jayapura City

Melihat Jayapura dari ketinggian itu bikin nagih lho! Dari atas sini Jayapura seolah terlihat seperti kota pelabuhan yang sibuk. Oh ya, naik malam atau pun siang, pemandangan dari sini sama memesonanya.


Sumber:https://kumparan.com/eka-situmorang/10-destinasi-wisata-yang-instagrammable-di-sentani-dan-jayapura-1539306856528428947

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Yang Terdapat Di Sentani Dan Jayapura Papua"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!