Kekurangan Tenaga Medis Di Karenakan Pasien Korban Kerusuhan Membludak Di RSUD Wamena



Kekurangan Tenaga Medis Di Karenakan Pasien Korban Kerusuhan Membludak Di RSUD Wamena



Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena saat ini kekurangan time medis. Padahal, peran perawat amat dibutuhkan untuk membantu para dokter dan tim medis lainnya juga dalam menangangi pasien korban kerusuhan yang telah terjadi di wamena tersebut.

Direktur RSUD Kabupaten Jayawijaya, dr. Felly Sahureka, mengatakan bahwa total pasien luka-luka akibat kerusuhan yang dirawat di RSUD Wamena saat ini sudah kurang lebih telah mencapai 71 orang. "akan tetapi untuk saat ini sebanyak 20 orang sudah dirujuk ke Jayapura dan beberapa pasien lainnya sudah dipulangkan dan rawat jalan," Kamis (26/9).

Dari data administrasi kepegawaian yang terdapat di RSUD Wamena sebenarnya tak kekurangan perawat atau time medis. Namun, banyak perawat dan juga bidan yang mengungsi akibat kerusuhan ini. Alhasil, perawat yang berada di puskesmas dan puskesmas pembantupun turut dilibatkan dalam menangani pasien yang ada di RSUD Wamena.

Terkait kekurangan jumlah tenaga medis tersebut, dr. Felly menjelaskan bahwa RSUD Wamena akan mendapatkan bantuan tim medis dari Crisis Center Provinsi Papua tegasnya. Rinciannya sebagai berikut : 28 perawat dan 30 dokter dari TNI. dr. Felly menjelaskan, pasien yang patah tulang sudah ditangani secara langsung oleh dokter ortopedi yang dikirim dari kesatuan TNI. Ia menyebutkan, bantuan dokter yang didatangkan ke Wamena sangat membantu dalam pelayanan operasi, termasuk adanya 3 dokter bedah yang dikirim dari Jayapura dan Lanny Jaya juga.

"Luka pasien yang dirawat akibat rusuh di Wamena sangat bervariasi, mulai dari luka bakar, luka patah tulang, dan luka kena rekoset peluru," ujarnya. Sementara itu, untuk persediaan obat, hingga sampai saat ini masih mencukupi. Meski begitu, sebagai langkah antisipasi, RSUD Wamena telah meminta penambahan stok obat dari pihak Provinsi Papua.


Sumber : https://kumparan.com/bumi-papua/pasien-korban-kerusuhan-membludak-rsud-wamena-kekurangan-tenaga-medis-1rwEV3VIgHg

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kekurangan Tenaga Medis Di Karenakan Pasien Korban Kerusuhan Membludak Di RSUD Wamena"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!