Kuliner dan Souvenir Papua Khas Dari Jayapura Terbaru



Kuliner dan Souvenir Papua Khas Dari Jayapura Terbaru


Oleh-oleh khas Jayapura tentu tak banyak berbeda dari oleh-oleh khas Papua yang bisa anda temui di daerah lain di Papua. Sejak 21 September 1993, Jayapura resmi menjadi ibu kota Provinsi Papua. Sejak itu pula, populasi kota ini terus bertambah dan kota ini pun terus mengalami perkembangan ya gaysss.

Kota Jayapura mencakup memiliki area yang cukup sangat luas, kurang lebih sekitar 940 kilometer persegi. Meski demikian, terdapat area yang tidak bisa dijadikan daerah hunian karena berupa rawa-rawa, perbukitan dengan tebing yang curam, serta hutan lindung yang di Papua. Kota administratif ini dibagi menjadi 5 distrik ya gaysss. Letaknya di ujung timur laut wilayah Papua, berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik di utara dan Papua Nugini di bagian timur.

Ciri khas Jayapura tak hanya terletak di garis pantainya saja yang berlekuk-lekuk. Budaya, seni, dan wisatanya (termasuk produk oleh-oleh) pun sangat khas. Pasar Hamadi adalah salah satu pasar terbesar dan paling terkenal di Jayapura. Bisa dibilang bahwa Pasar Hamadi merupakan pusat oleh oleh Jayapura. Banyak pelancong datang ke pasar ini untuk belanja oleh-oleh khas jayapura. Lokasinya sekitar 3-4 kilometer dari pusat kota. Apa saja yang bisa dibawa pulang dari Jayapura sebagai buah tangan? Simak penjelasannya berikut!

1. Matoa, Buah-nya Orang Papua

Buah matoa ini wajib kamu bawa pulang jika kamu berkunjung ke Papua ketika musim panen ya gaysss. Banyak penjual buah matoa asli Papua ini di daerah Abepura, Jayapura. Kamu bisa membeli beberapa kilo buah matoa ketika melewati Jalan Raya Abe-Kotaraja. Atau, bisa juga mampir ke pasar tradisional di Jayapura. Harganya memang tak se-murah buah lain yang gaysss. Namun, kamu bisa mendapatkan buah matoa dengan harga lebih terjangkau jika sedang musimnya gaysss. Buah matoa berdaging putih, dengan banyak kandungan air. Tekstur dan rasanya terbilang unik, mirip kelengkeng, leci, rambutan, atau kelapa. Bahkan, ada jenis buah matoa yang rasa dan aromanya mirip durian juga lho di papua sini.

2. Sarang Semut, Minuman khas Papua dengan Berbagai Khasiat

Minuman khas Papua ini seperti obat dengan banyak manfaat. Oh ya, sarang semut di Papua bukan merupakan ‘rumah’ yang dibuat para semut seperti yang kita lihat di tanah atau bangunan ya. Sarang semut adalah nama tumbuhan yang menempel di pohon, berbentuk menggembung dan terdapat banyak rongga di dalamnya. Memang nantinya menjadi sarang semut, tapi tidak dibuat sendiri oleh ‘penghuni’nya. Kabarnya, sarang semut ini dipercaya ampuh menyembuhkan berbagai jenis penyakit lho. Termasuk penyakit yang berbahaya seperti diabetes, jantung, tumor, dan kanker.

3. Ikan Asar, Ikan Asap khas Jayapura

Mampir ke Jayapura belum lengkap jika kalian belum mencicipi kuliner khas-nya. Jayapura adalah kota tepi laut alias pesisir. Jadi, olahan hasil laut sangat populer dan melimpah di kota ini. Salah satu yang menjadi primadona di pasar-pasar tradisional ini adalah ikan asar juga salah satunya khas papua. Olahan ikan cakalang, ikan tongkol, atau ikan ekor kuning ini diasap dengan cara diletakkan miring di samping bara yang berasap. Ikan asar memang memerlukan jenis ikan yang berdaging banyak dan padat sehingga tidak hancur dalam prosesnya. Dengan demikian, kandungan air bisa di’habisi’ secara total.

Proses ini salah satunya dapat menghasilkan ikan asap yang kering dan matang sempurna hingga ke dalam-dalamnya. Ikan asar khas Jayapura ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambal. Meniliki Cita rasa dan teksturnya yang unik dan autentik menjadikan ikan asar favorit pelancong untuk dinikmati di Jayapura. Tak sedikit juga yang membawa pulang ikan asar sebagai oleh oleh makanan khas Jayapura Papua.

4. Tifa, Alat Musik Unik untuk Penikmat Musik dan Pecinta Hal-hal Berbau Etnik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya ya gyasss, cinderamata khas Papua banyak dijual di Pasar Hamadi juga ya gaysss. Salah satu souvenir khas Papua yang layak dibawa adalah tifa. Tifa adalah alat musik asli dari Papua. Cara membunyikannya adalah dengan cara ditabuh/dipukul dengan tangan seperti gendang. Alat musik dari kayu dan berbentuk tabung ini kerap dibunyikan sebagai pengiring upacara adat atau tari-tarian khas Papua. Selain untuk dibunyikan, tifa sebagai salah satu alat musik etnis di Indonesia punya bentuk yang indah sehingga cocok dijadikan pajangan. Kamu bisa membeli tifa di pasar atau toko souvenir di Jayapura dan daerah lain di Papua.

Papua memang belum se-populer Bali, Lombok, atau Jogja. Namun, Papua sebenarnya menyuguhkan pemandangan yang menawan, seakan kamu sedang berada di surga dunia. Selain obyek wisatanya, Papua juga punya aneka oleh-oleh yang beragam. Mulai dari makanan khas hingga pernak pernik khas. Semua ada dan pastinya sangat unik, jarang atau bahkan tidak bisa ditemukan di tanah lain selain di tanah Papua. Souvenir khas jayapura bisa diborong dari toko oleh-oleh khas Papua di Jayapura atau di pasar-pasar tradisional. Siapkan diri dan hati untuk menjelajahi Jayapura dan berburu oleh-oleh.

Sumber : https://www.befreetour.com/id/read/makanan,-minuman-dan-souvenir-papua-sebagai-oleh-oleh-khas-jayapura

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuliner dan Souvenir Papua Khas Dari Jayapura Terbaru"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!