Ciri - Ciri Rumah Minimalis 2020



Ciri - Ciri Rumah Minimalis 2020


Kebutuhan untuk punya rumah pastinya menjadi impian siapa saja. Tak heran jika permintaan hunian baru tak pernah sepi dari peminat. Berbicara tentang perumahan tentu saja tak bisa lepas dari arsitekturnya. Gaya arsitektur perumahan dari berbagai tipe senantiasa berkembang mengikuti kemajuan zaman dan kebutuhan pasar. Di era milenium sekarang, arsitektur rumah bergaya modern tengah menjadi tren.

Jika kalian mendambakan rumah minimalis, anda harus paham terlebih dahulu cirri - cirinya. Berikut beberapa ciri rumah dengan arsitektur minimalis yang bisa menjadi panduan :

Elemen garis simetris dan bersih

Bangunan bergaya arsitektur modern pada umumnya hadir dengan elemen garis sangat kuat, baik elemen garis horisontal pada denah, hingga garis-garis vertikal dan diagonal pada gubahan masa dan fasad bangunan. Garis-garis bergelombang, lengkung, atau garis-garis asimetrik cenderung jarang dijumpai pada bangunan bergaya arsitektur modern.

Rancangan yang terbuka dengan banyak elemen kaca

Tidak seperti pada bangunan tradisional umumnya, pada bangunan bergaya dari arsitektur minimalis biasanya memiliki denah lantai jauh lebih terbuka dengan minimnya keberadaan pembatas ruangan dari rumah tersebut. Selain itu, pada bangunan berarsitektur modern juga cenderung memanfaatkan penggunaan kaca sehingga hunian terkesan sangat terbuka.

Mengutamakan fungsi daripada bentuk

Berbeda dengan rumah tradisional yang cenderung menonjolkan nilai estetika, pada rumah modern estetika bukanlah faktor utama dari bentuk sebuah hunian. Umumnya arsitektur bergaya modern lebih menonjolkan fungsi dari setiap ruangan. Apa pun bentuk yang dimiliki rumah tersebut pasti memiliki sebuah fungsi yang mendukung aktivitas penghuninya.

Memiliki ornamen jelas

Keberadaan ornamen tentu sangat mendukung kenyamanan sebuah rumah untuk ditinggali. Kendati demikian, pada rumah berarsitektur modern ornamen adalah hal yang perlu dikurangi penggunaannya sebab hal tersebut tidak memberikan fungsi berarti. Jika pun ada ornamen dalam rumah modern pasti memiliki bentuk yang jelas, seperti vertikal, horisontal, dan juga diagonal yang sederhana.

Hubungan dengan lingkungan sekitar

Rumah dengan arsitektur modern umumnya memiliki hubungan dengan topografi dari lingkungan atau tapak yang sangat erat, seperti misalnya fallingwater house yang memiliki hubungan langsung antara interior dan eksterior.

Gambar 1

Gambar 2


Gambar 3


Sumber : https://123berita.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri - Ciri Rumah Minimalis 2020"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!