5 Jenis Buah-Buahan Yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Ibu Hamil

5 Jenis Buah-Buahan Yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Ibu Hamil - Buah sudah lama dikenal kaya akan nutrisi baik bagi kesehatan dan ibu hamil. Namun tidak berarti semua jenis buah-buahan cocok bagi ibu hamil. Karena ada beberapa jenis buah-buahan yang mengandung senyawa berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan perkembang serta pertumbuhan janin. Baca Juga (7 Obat Batuk Dari Bahan Alami)

Nah, ingin tahu apa saja buah-buahan yang dilarang atau dihindari untuk ibu hamil? Berikut ini beberapa macam buah-buahan yang bisa menyebabkan bayi terlahir prematur dan keguguran :

1. Buah Nanas

Buah-Buahan Yang Tidak Boleh Dimakan Untuk Ibu Hamil

Buah nanas sebaiknya dihindari pada saat masa usia kehamilan berada dalam trimester pertama karena buah nanas memiliki kandungan bromelain yang sangat tinggi, sehingga dapat memicu pelunakan pada leher rahim dan menyebabkan persalinan dini hingga keguguran.
Baca Juga : Cara Membuat Bawang Putih Bermanaaf Untuk Kesehatan
Selain itu, buah nanas memiliki cita rasa asam yang bisa menyebabkan diare, perut kembung, kram lambung, muntah, dan lain-lainnya. Bagi Ibu hamil yang menderita maag atau asam lambung wajib untuk menghindari buah ini.

2. Buah Pepaya Mentah

Buah-Buahan Yang Tidak Boleh Dimakan Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi pepaya mentah berbahaya bagi ibu hamil karena bisa meyebabkan keguguran atau bayi terlahir prematur. Karena buah pepaya yang belum matang mengandung lateks atau getah yang dapat merangsang kontraksi pada rahim. Sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi papaya mentah sama sekali saat sedang hamil. Tetapi ibu hamil tetap boleh untuk mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang. Baca Juga (8 Manfaat Minum Air Putih Tiap Hari Yang Perlu Anda Tahu)

Karena kandungan gizi buah pepaya matang sangat baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Buah papaya yang sudah matang kaya akan kandungan serat, mineral, vitaminC dan lainnya. Kandungan gizi pada buah pepaya bisa mengatasi keluhan kesehatan saat kehamilan, seperti perut mulas dan sembelit.

3. Buah Durian

buah-buahan yang bisa menyebabkan bayi terlahir prematur dan keguguran

Buah Durian mengandung alkohol yang bisa menyebabkan perut panas, diare, kepala pusing, dan muntah. Selain itu, buah durian juga memiliki kandungan asam arachidonat yang bisa mengakibatkan kontraksi pada rahim sehingga berisiko menyebabkan bayi terlahir prematur, bayi terlahir dengan berat badan yang kurang, dan bahkan keguguran. Selain buah durian, ada beberapa jenis buah lain yang juga mengandung alkohol wajib Anda hindari adalah buah nangka dan cempedak. Baca Juga (Pertimbangkan Untuk Menyediakan Alat Kesehatan Ini di Rumah Anda)

4. Buah Anggur

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Untuk Ibu Hamil

Buah anggur mengandung resveratrol yang berisiko meracuni kandungan dan bisa menyebabkan ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh Ibu hamil. Selain itu, rasa buah anggur yang agak sedikit asam dapat menyebabkan perut kembung, mual saat hamil, muntah, hingga diare.

Baca Juga :

5. Buah Salak

Buah-Buahan Yang Tidak Boleh Dimakan oleh Ibu Hamil
Buah Salak sudah dikenal sebagai buah yang tinggi akan kandungan serat sehingga baik dikonsumsi oleh Ibu hamil yang mengalami sembelit atau diare. Namun, bagi Ibu hamil yang menderita maag atau radang usus, buah salak tidak disarankan untuk dikonsumsi karena kandungan zat tannin yang terdapat pada buah salak sulit dicerna sehingga dapat memperparah usus. Baca Juga (5 Cara Rahasia Agar Hidup Kita Terbebas Dari Jerawat)

Untuk itu disarankan bagi ibu hamil untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah salak dan pilihlah buah salak yang tidak terlalu muda. Bahkan, dianjurkan untuk mengonsumsi buah salak beserta kulit arinya agar Ibu hamil tidak terserang sembelit atau konstipasi.
Itulah jenis buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi untuk ibu hamil, jangan cemas masih banyak jenis buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebut saja buah mangga, apel, alpukat, jeruk, strawberry, dan lainnya yang terbukti kandungan nutrisinya bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Jangan lupa untuk selalu mencuci buah-buahan tersebut dengan benar dan bersih sebelum dikonsumsi oleh Anda. Karena jika kebersihan buahbuahan tidak terjaga dengan baik sehingga bisa menjadi media penularan bakteri toksoplasmosis. Karena bakteri ini bisa memicu terjadinya keguguran, bayi lahir dengan keterbelakangan mental dan bayi terlahir cacat. Selain itu, proses pencucian buah yang kurang bersih akan menyisakan kandungan pestisida yang tentunya juga berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin, Semoga bermanfaat. Baca Juga (12 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami dan Cepat)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Jenis Buah-Buahan Yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Ibu Hamil"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!