Tips Membeli Apartemen Untuk Pemula

Tips Membeli Apartemen Untuk Pemula

Tips Membeli Apartemen Untuk Pemula - Semakin sempitnya lahan yang tersedia di daerah perkotaan membuat harganya semakin melambung tinggi. Untuk mereka yang ingin membangun rumah tentu harus berpikir dua kali kalau tidak memiliki dana yang cukup besar. Sehingga untuk mensiasati hal tersebut banyak orang yang mulai membeli atau menyewa apartemen sebagai tempat tinggal.

Bukan hanya sebagai tempat tinggal saja, banyak pula orang yang membeli apartemen sebagai investasi masa depan yang nantinya bisa disewakan atau bisa juga apartemen dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi, karena semakin kesini tentu harga apartemen akan terus mengalami kenaikan.

Namun untuk membeli apartemen kita tidak boleh sembarangan dan harus berhati-hati agar tidak tertipu, apalagi untuk anda yang masih pemula atau baru pertama kali akan membeli apartemen. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar apartemen yang akan digunakan sebagai tempat tinggal atau untuk investasi properti tidak menjadi beban nantinya.

1. Lokasi Apartemen

Dalam memilih apartemen, usahakan pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan tempat kerja kita serta memiliki akses jalan yang mudah dijangkau. Pastikan pula lokasinya dekat dengan beberapa fasilitas umum seperti tempat belanja, tempat ibadah, sekolah, rumah sakit dan tempat-tempat umum lainnya.

2. Fasilitas Apartemen

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah terkait fasilitas pendukung yang ditawarkan, dimana fasilitas ini akan menjadi salah satu faktor kenyamanan apartemen yang akan kita beli. Diantara fasilitas yang perlu ada adalah area parkir, penjagaan keamanan, ruang terbuka hijau, taman atau lokasi untuk olahraga atau refresing, jasa kebersihan dan yang lainnya. Selain kelengkapan fasilitas, tanyakan pula mengenai sistem pemeliharaannya.

3. Kredibilitas Pengembang

Saat ini memang cukup banyak pengembang yang jual apartemen murah dengan fasilitas cukup lengkap. Namun sebelum memutuskan untuk membeli kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kredibilitas pengembang tersebut agar tidak mengalami penipuan nantinya. Pastikan pengembang atau penjual yang anda pilih sudah terpercaya dan memiliki reputasi serta kredibilitas baik di masyarakat. Cara mengetahuinya adalah dengan melihat apartemen yang sudah mereka bangun sebelumnya, berapa banyak dan bagaimana respon para pembelinya.

4. Meneliti Status Tanah

Tips membeli apartemen berikutnya adalah teliti terlebih dahulu bagaimana status tanah yang digunakan untuk membangun apartemen tersebut, apakah berstatus sewa atau dalam sengketa. Lihatlah keaslian dan keabsahan dokumen tanah tersebut dan pastikan tidak berada dalam jaminan bank. Ketika membeli disarankan pula untuk didampingi oleh notaris dan pihak pemerintahan daerah setempat.

5. Prospek Investasi

Seperti saya bilang diawal tadi bahwa membeli apartemen selain sebagai tempat hunian juga cukup menjanjikan untuk dijadikan investasi. Untuk mengetahui bagaimana prospek investasi dari apartemen yang akan kita beli, anda bisa coba bertanya pada developer tentang berapa potensi capital gain dan rental yield yang akan kita peroleh per tahunnya.

Nah, sekarang sudah tahukan apa saja yang perlu dilakukan ketika akan membeli apartemen? Dengan mengetahui hal-hal diatas maka diharapkan apartemen yang akan kita beli bisa menjadi hunian yang nyaman, aman dan bisa dijadikan investasi properti masa depan. Semoga saja pembahasan mengenai tips membeli apartemen untuk pemula ini bisa bermanfaat dan memberi pencerahan untuk anda yang membacanya, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membeli Apartemen Untuk Pemula"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!