Cara Merawat Burung Lovebird Untuk Para Pemula

Cara Merawat Burung Lovebird

Lovebird adalah salah satu unggas yang sangat diminati oleh banyak orang karena bulunya yang sangat indah dan kicauannya yang merdu. Tak jarang sekali orang-orang melatih lovebird untuk diikutkan dalam perlombaan yang ada. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk memelihara burung ini, ada baiknya kamu pelajari dulu cara merawat burung lovebird ini karena burung ini sangat perlu perhatian khusus. Baca Juga (Asal Usul Dari Burung Lovebird)


Ingin memelihara lovebird tapi bingung cara memelihara dan menjaganya? Jangan khawatir, dalam artikel ini kamu bisa mendapatkan informasi yang mengenai cara merawat burung lovebird untuk para pemula. Caranya pun sangat mudah dan sederhana kan, sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam mempelajari dan perawatan burung yang satu ini.
Lovebird adalah salah satu jenis unggas yang banyak diminati oleh para pecinta burung di Indonesia bahkan di dunia. Pasalnya, suara yang di miliki burung lovebird sangatlah merdu sehingga sering di ikutkan perlombaan. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu lagi apabila kamu ingin memelihara jenis unggas seperti yang ini.

Harganya juga sangat bervariasi, dari yang murah sampai hingga yang mahal pun ada juga. Pasalnya, ada banyak sekali jenis-jenis dari unggas ini. Kamu bisa melihat beberapa contohnya dalam artikel ini.
Sebelum memilih jenis burunglovebird ini dan yang akan kamu pelihara, ada beberapa aspek yang penting yang harus kamu perhatikan dalam memeliharanya. Apa sajakah itu? Yuk, baca ulasan lengkapnya di artikel ini! Selamat membaca!

Baca Juga :

Jenis-Jenis Burung Lovebird yang Populer di Indonesia

Burung ini memiliki beragam jenis dibedakan dari warnanya. Apa sajakah itu? Berikut 5 contoh dari sekian banyak jenis burung lovebird yang populer di Indonesia.

1. Lovebird Violet

Jenis pertama yang bisa kamu pelihara ini adalah jenis Lovebird violet karena warnanya yang sangat unik dari burung violet ini. Burung ini memiliki tiga variasi warna yaitu hitam, putih, dan biru keunguan (violet). Warna violet itulah yang menjadi ciri khas dari jenis ini. Baca Juga (Mengenal Dan Memahami Burung Kacer)
Ia juga mempunyai warna bulu violet di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam dan perutnya. Sedangkan untuk bagian leher cenderung berwarna putih dan kepalanya memiliki warna hitam. Warna paruh dari jenis burung violet ini adalah putih pucat atau orange tua. Supaya kamu lebih paham dan memahami mengenai wujud dari burung jenis ini. Cobalah lihat pada gambar di atas.

2. Lovebird Lutino

Jika kamu ingin memelihara jenis burung lovebird yang ini dengan harga jual yang relative sangat mahal, peliharalah jenis lutino. Karena daya tarik yang dimiliki dari jenis burung yang ini adalah dari wana yang di miliki dan bulunya yang sangat cerah. Pun, ia juga memiliki suara yang indah sehingga kerap diikutkan lomba.
Ciri khas dari burung ini adalah memiliki bagian tubuh yang berwarna kuning, sedangkan untuk bagian kepala berwarna orange atau merah. Perpaduan yang indah bukan?

3. Lovebird Albino

Salah satu jenis burung ini yang menjadi incaran banyak para pecinta burung adalah albino. Keunikan dari jenis adalah memiliki warna putih polos sehingga terlihat bersih dan tampak sederhana.
Seluruh tubuh dari albino ini memiliki warna putih di hampir seluruh tubuhnya. Hanya saja, untuk paruhnya berwarna merah muda.

4. Lovebird Batman

Kamu suka film superhero berjudul batman? Jika kamu menyukai, jenis burung lovebird batman ini bisa kamu jadikan peliharaanmu.
Sesuai dengan namanya jenis burung ini memiliki warna yang sangat cenderung gelap. Bagian sayapnya dan kepalanya berwarna hitam pekat, sedangkan untuk perutnya cenderung berwarna abu-abu.
Ketika sudah dewasa, burung dari jenis batman ini akan semakin gelap. Sehingga akan semakin mirip dengan karakter Batman.

5. Lovebird Muka Salem

Jenis burung yang cukup populer di Indonesia dan negara-negara lain adalah muka salem. Hal tersebut dikarenakan warna bulunya sangat kalem dan cantik. Pun, warna bulunya merupakan warna asli atau bukan hasil perkawinan silang.
Sumber : https://www.kepogaul.com

Cara Merawat Burung Lovebird Untuk Para Pemula