Kebun Kopi Jawa Barat

Ciri Khas Kopi Jawa Barat



Kopi Java Preanger – kopi ini berasal dari perkebunan kopi di Indonesia yang terdapat di daerah jawa barat yang berada di daerah pegunungan Malabar. Kopi ini di beri nama Java Preanger biasa juga disebut sebagai Kopi Malabar atau Kopi Bandung. Baca Juga (14 Tempat Wisata Terpopuler Di Semarang)
Sejarah singkat tentang daerah di Jawa Barat yaitu ketika Belanda datang ke Indonesia, mereka menyadari akan potensi yang sangat subur dan kontur tanah yang ada di Indonesia sangat baik untuk berkebun dan bercocok tanam salah satunya perkebunan kopi dan teh. Oleh karena itu, Belanda membuat perkebunan kopi pertama kali di Indonesia, yaitu didaeah Jawa Barat. Perkebunan kopi dibentuk dengan menggunakan Metode Tanam paksa. saat itu rakyat Jawa Barat di paksa untuk menanam kopi sebanyak – banyaknya dan kemudian seluruh hasil panenan kopi diambil oleh Belanda dan diekspor ke seluruh dunia.
Baca Juga (4 Destinasi Wisata di Banten Yang Mempesona)

Kopi Jawa Barat

Kopi Prianger ini dikenal dunia sebagai “A Cup of Java“ karena kenikmatan kopi ini sudah mendunia dan tetap diminati hingga saat ini. Sejak itulah istilah A Cup of Java menjadi sangat populer. Pada tahun 1711, export kopi ini pertama dilakukan oleh Belanda melalui badan perdagangan yang dikenal sebagai VOC. Dan pada tahun 1725, Indonesia menjadi negara pengekspor kopi terbesar di dunia, dan paling banyak di suplai dari daerah Jawa. Baca Juga (4 Objek Wisata Paling Populer Di Jawa Barat)

kopi hitam

Pada saat itu para pejabat pemerintah indonesia mengadakan perjanjian dalam perkebunan dan penjual hasil kopi kepada VOC. Perjanjian ini dikenal sebagai perjanjian Koffiestelsel yang artinya Sistem Kopi, dimana seluruh hasil perkebunan kopi saat itu wajib dijual hanya kepada VOC saja.

Baca Juga :
Keunggulan Kopi Java Preanger ini memiliki beberapa keunggulan diantara nya adalah aromanya yang cukup kuat. Aroma yang tercium adalah aroma Nutty dan Caramel nya. Dan untuk para kalian pecinta kopi dengan citarasa lembut, maka kopi Java Preanger ini bisa dijadikan pilihan tepat untuk menemani hari - hari anda khususnya di pagi hari dan sore hari. Baca Juga (4 Objek Wisata di Malang Yang Paling Sering Dikunjungi)

kopi jawa



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebun Kopi Jawa Barat"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!