Sejarah Tempat Wisata Pantai Hamadi Di Jayapura

Sejarah Tempat Wisata Pantai Hamadi Di Jayapura


Pada awal tahun 1944 dahulu, saat itu Jayapura masih bernama Hollandia, pasukan sekutu membangun basis pusat komandonya di wilayah ini. Di bawah komando panglima tertinggi sekutu yaitu, Jenderal yang bernama Douglas McArthur, saat berada di Jayapura menjadi saksi bagaimana persiapan pasukan sekutu untuk menghadapi pasukan Jepang yang saat itu  menguasai sebagian besar wilayah Pasifik. Salah satunya adalah wilayah yang cukup penting adalah pesisir pantai Hollandia yang kini sangat dikenal sebagai Pantai Hamadi.
Baca Juga : Destinasi Tempat Wisata Alam di Kabupaten Magelang

Sejarah Pantai :

Sejarah di atas adalah merupakan latar belakang yang menjadikan Pantai Hamadi ini menjadi sangat menarik dan berbeda dari beberapa pantai lainnya yang terdapat di kota Jayapura ini. Dahulu, saat pasukan sekutu sedang memasuki wilayah sekitaran Jayapura, pantai Hollandia ini menjadi pertahanan pasukan sekutu pada saat itu terhadap serangan Jepang. Oleh sebab itu, apabila kita mengunjungi pantai Hamadi saat ini, sisa benteng pertahanan terbentang dengan panjang kurang lebih kira-kira 2 kilometer terdapat disana.



Benteng ini menjadikan saksi bahwa sejarah bagaimana pasukan sekutu ini mempertahankan basis pusat komandonya di wilayah perairan pasifik khususnya di pesisir pantai Hamadi atau dulunya terkenal dengan pantai Hollandia. Keberadaan benteng ini adalah salah satu strategi pertahanan yang dimiliki pasukan sekutu yang juga menjadi satu rangkaian dengan salah satu pantai Base-G yang berada di kota Jayapura. Walaupun keadaanya dan kondisinya sudah tidak utuh lagi, namun sisa tembok benteng yang menjadikan Pantai Hamadi sebagai obyek bersejarah yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar kota Jayapura. Baca Juga (4 Objek Wisata Paling Populer Di Jawa Barat)



Selain dari nilai sejarahnya sendiri, pantai ini juga sekarang telah menjadi obyek wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal dan dari luar Jayapura. Mereka biasanya menghabiskan waktu liburannya di hari Sabtu hingga Minggu. Di tempat ini, anda bersama keluarga maupun teman-teman anda dapat berenang menikmati indahnya alam laut yang di milikinya dan anda juga bias menikmatin jajanan yang terdapat di sepanjang pinggir pantai Hamadi saat ini, anda juga dapat berolahraga, atau hanya sekedar bercengkrama menjadi aktifitas mereka sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar. Pantai Hamadi sangat cocok untuk bersantai di kala sore hari sambil menunggu datangnya malam di kota Jayapura dengan menikmatin hembusan angin yang sejuk.


Baca Juga :

Wilayah :

Wilayah yang masih berada di pusat kota Jayapura ini telah menjadikan Pantai Hamadi ini pusat wisata yang mudah untuk dijangkau dan dekat dengan pusat kegiatan masyarakat Jayapura atau dekat dengan pusat kota Jayapura. Hal ini pula yang membuat Pantai Hamadi ini menjadi obyek wisata yang terkenal di ibukota provinsi Papua ini. Pantai yang membentang sangat luas ini, dengan pasir berwarna keemasan dan cerita sejarah di balik Hamadi, sangat cukup membuat pantai ini semakin mempesona. Keindahan alam Papua Tak akan pernah habis di telan bumi, akan selalu ada dan bahkan masih banyak lagi tempat tempat wisata baik wistaa alam ,wisata adat, wisata gunung, wisata danau dan wisata pantai laut yang indah. Baca Juga (14 Tempat Wisata Terpopuler Di Semarang)
Sumber : indonesiakaya.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Tempat Wisata Pantai Hamadi Di Jayapura"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!