Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Ginjal


Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Ginjal


Gedebogpisang.com - Ginjal adalah merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting untuk dijaga kondisinya. Ginjal memiliki fungsi menyaring peredaran darah; menyaring dan membuang limbah seperti racun, garam berlebih, dan urea; memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh; mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah; mengatur sel darah merah; mengatur keseimbangan asam-basa (pH) darah ; menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit; serta menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D.
Agar fungsi ginjal berjalan baik, tentu saja organ ini harus dirawat. Cara menjaga kesehatan ginjal cukup mudah. Yuk baca selengkapnya di bawah ini :

MINUM AIR PUTIH YANG CUKUP

Mencukupi kebutuhan cairan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Dari buku yang berjudul Pedoman Kebutuhan Cairan Bagi Pekerja Agar Tetap Sehat dan Produktif yang diterbitkan dan di susun oleh Kementerian Kesehatan yang bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi yang ada di Indonesia (PERDOKI), kebutuhan cairan bisa dihitung dengan rumusan kebutuhan kalori atau dengan berat badan.

Kebutuhan kalori: Setiap 1 kkal kebutuhan energi, dibutuhkan 1 ml air. Artinya jika kebutuhan rata-rata kalori adalah 2.000 kkal, kita membutuhkan 2,0 liter air.

Berat badan: Setiap 10 kilogram pertama berat badan, butuh 1 liter air. Lalu untuk 10 kilogram kedua, butuh 500 mililiter air. Dan sisanya, untuk setiap kilogram dari berat badannya akan membutuhkan 20 mililiter air. Jika berat badan 50 kilogram, maka kebutuhannya adalah 1 liter (10 kilogram pertama) + 500 ml (10 kilogram kedua) + 600 ml (sisa 30 kilogram x 20 ml) = 2,1 liter per harinya.

KONSUMSI MAKANAN SEHAT

Mengawasi asupan makanan yang masuk juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Hindari makanan yang mengandung zat pewarna sintetik dan zat pengawet. Mengonsumsi minuman berwarna seperti teh atau kopi boleh saja. Tapi pastikan kamu menyeimbangkannya dengan minum banyak air putih.

OLAHRAGA RUTIN

Olahraga membawa banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan ginjal. Ketimbang melakukan olahraga terus-terusan dalam satu waktu, lebih baik berolahraga sekitar 15-30 menit secara rutin seminggu 3 kali. Aktivitas fisik akan membantu tubuh menjadi lebih bugar, mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, dan menjaga berat badan tetap stabil. 

TIDAK MENGKONSUMSI OBAT SEMBARANGAN

Saat kondisi tidak terlalu fit, kamu bisa jadi mengonsumsi suplemen, vitamin, atau obat herbal secara spontan. Pastikan tidak terlalu berlebihan mengkonsumsinya ya. Konsumsi obat yang tidak pasti dosisnya dapat membahayakan kerja ginjal. Jika dirasa butuh obat, konsultasikanlah masalahnya lebih dulu ke dokter. Tidak mengkonsumsi obat sembarangan adalah salah satu cara menjaga kesehatan ginjal.

JAGA KADAR GULA DARAH

Bagi pasien diabetes, pastikan mematuhi anjuran dokter agar kadar gula darah terkendali. Diabetes merupakan salah satu masalah yang sangat terbesar bagi kesehatan ginjal. Menurut data dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, diabetes menyumbang 25 persen penyebab penyakit ginjal. Setiap 24 jam, 143 orang yang terkena diabetes memulai melakukan pengobatan untuk gagal ginjal. Perhatikan pola konsumsi yang kamu jalani untuk menjaga kesehatan ginjal.

TIDAK MEROKOK

Rokok telah lama dikenal sebagai pemicu dan faktor risiko berbagai penyakit berat, termasuk penyakit ginjal. Merokok secara terus menerus juga dapat merusak pembuluh darah yang juga bisa mengurangi aliran darah ke ginjal. Ketika ginjal tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, fungsinya menjadi tidak optimal. Merokok juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta risiko kanker ginjal. Hindari merokok untuk menjaga kesehatan ginjal kamu ya.

Ginjal adalah organ yang sangat penting untuk tubuh. Mari kita menjaga kesehatan ginjal mulai dari sekarang. Sembari anda saat memproteksi tubuh dari dalam, tambahkan proteksi diri anda juga dari luar dengan memilih produk asuransi kesehatan yang tepat untuk diri anda, salah satunya MiWealth Protection atau Manulife Lifestyle Protector. Selain memberikan jaminan perlindungan biaya pengobatan, kita juga akan mendapatkan manfaat berupa nilai investasi yang terus bertambah.




Sumber : https://www.dbs.com/spark/index/id_id/site/pillars/2019-6-langkah-mudah-menjaga-kesehatan-ginjal.html


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Ginjal"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!