Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Bau Mulut

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Bau Mulut


Gigi merupakan organ sistem pencernaan yang terletak di dalam rongga mulut. Gigi termasuk alat pencernaan mekanik karena sangat berfungsi untuk memotong, merobek, dan mengunyah makanan sebelum makanan tersebut masuk ke bagian pencernaan selanjutnya. Gigi memiliki struktur yang sangat padat dan keras untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Anda harus dapat membiasakan untuk menjaga kebersihan gigi dengan rutin menggosoknya tiap hari. Tapi ketahuilah bahwa menggosok gigi secara teratur belum tentu hasilnya efektif, jika kita dalam merawat gigi tidak memiliki teknik yang kurang tepat.


Ini merupakan beberapa contoh dari kesehatan gigi dan mulut yang buruk sehingga dapat menyebabkan Sariawan, gusi bengkak, bau pada mulut, atau gigi berlubang. Padahal, masalah gigi atau gusi tidak melulu sekedar bikin sulit makan ataupun bicara.


Baca Juga :
1. Jangan sikat gigi terlalu keras
Salah satu tujuan dari sigat gigi adalah menghilangkan plak yang terdapat pada gigi. Akan tetapi jika Anda menyikat gigi terlalu keras gesekannya dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Akibatnya, gigi Anda jadi lebih sensitif. Selain itu juga cara sigat gigi yang tidak benar juga dapat menyebabkan plak gigi malah menumpuk dan mengeras yang dapat berakibat pada gingivitis (peradangan pada gusi).


Baca juga :  Koya Tengah, Kota Jayapura, Papua, Terdapat Danau Di Atas Bukit, Ini Dia Ulasan kampung koya tengah


Menyikat gigi haruslah dilakukan secara lembut dengan gerakan memutar dan memijat gigi dengan benar. Biasanya, lama durasi saat menyikat gigi yang efektif untuk sikat gigi adalah sekitar dua menitan.

Jadikan bagian dari rutinitas

Jadikan lah menggosok gigi ini sebagai bagian dari rutinitas wajib anda, setelah rutinitas makan atau setidaknya pagi dan malam sebelum tidur.

Baca juga : Angkot Misterius Di Sentani

Jangan terlalu sering

Menggosok gigi 2 hingga 3 kali dalam sehari merupakan sebagian cara merawat gigi anda dengan jumlah yang ideal ini. Tetapi menggosok gigi lebih dari 3 kali dalam sehari juga dapat merusak email gigi dan membahayakan gusi anda.

Tidak terlalu kuat

Selain kita terlalu sering dalam sikat gigi, menggosok gigi terlalu kencang juga dapat berisiko merusak gigi dan gusi anda. Agar dapat mengontrol pergerakan sikat dengan lebih baik anda dapat memegang gagang sikat seperti Anda memegang pensil, bukan dengan tangan mengepal lalu gosok kan ke gigi secara berlahan jangan terlalu kuat dalam menggosoknya.

Tidak buru - buru

Anda dalam menggosok gigi tidak dilakukan dengan terburu buru, beri waktu setidaknya 30 detik untuk menyikat tiap satu sisi ke sisi yang lain dan di bagian deretan gigi baik dari samping kanan maupun samping kiri, dan bagian depan dari gigi anda.

Teknik yang baik

Dengan reknik yang baik ini anda dapat memegang sikat Anda pada sudut 45 derajat dari gusi anda kemudian gerakkan sikat dari kanan dan ke kiri lakukan dengan cara berulang kali di sepanjang gigi. Sikat permukaan gigi bagian luar dan dalam, kemudian sikat bagian gigi geraham belakang.

Sikat juga lidah dan sisi dalam pipi

Selain pada permukaan gigi yang anda sikat sebaiknya anda juga menyikat bagian sisi dalam pipi itu karena bakteri yang juga terdapat pada lidah dan sisi dalam kanan kiri pipi. Sikat juga bagian ini dengan lembut secara teratur untuk mengurangi bau nafas yang tidak sedap. Beberapa merek menyediakan alat khusus untuk membersihkan lidah.

Berkumur

Berkumurlah dengan menggunakan air bersih setelah selesai menggosok tiap bagian yang ada pada gigi atau mulut anda. dan setelah semua urutan dalam menggosok gigi telah di laksanakan anda dapat mengakhirinya dengan obat kumur antiseptik yang dapat semakin menunjang kebersihan mulut dan kesegaran bau napas anda.

2. Gunakan pasta gigi berfluorida

Anda dapat menggunakan pasta gigi Fluorida yang memiliki unsur alami yang dapat ditemukan di banyak hal, seperti air minum dan makanan yang Anda konsumsi. Fluorida dapat diserap tubuh anda untuk digunakan oleh sel - sel yang membangun gigi Anda untuk menguatkan enamel gigi. Fluorida juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi anda yang bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, serta menyediakan perlindungan alami untuk gigi Anda. Oleh karena itu, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluorida tinggi.

3. Jangan merokok

Tembakau dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Merokok juga dapat melipatgandakan risiko Anda terhadap penyakit gusi dan kanker mulut atau bau mulut. Oleh karena itu, berhenti mengkonsumsi roko sekarang juga demi menjaga kesehatan mulut anda bahkan kesehatan tubuh keseluruan.

4. Minum lebih banyak air

Air merupakan minuman terbaik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk bagi kesehatan mulut Anda karena aktivitas minum dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi Anda. Bosan dengan rasa air putih yang hambar? Kami punya banyak cara kreatif untuk melatih Anda dalam meminum minum air putih dalam sehari.

5. Batasi konsumsi makanan yang manis dan asam

Anda mungkin seringkali mendengar nasihat yang berkata “Jangan banyak makan makanan manis, nanti giginya bolong”. Ternyata, kita memang tidak boleh sembarangan membantah nasehat orangtua kita yang memiliki artikesehtan yang baik buat masa depan kita. Makanan yang manis dapat diubah menjadi asam oleh bakteri yang terdapat di dalam mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi Anda. Asam inilah yang menyebabkan gigi Anda cepat berlubang dan keropos.


Anda tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, hanya saja perlu membatasi dalam mengkonsumsinya karena terlalu sering mengkonsumsi yang manis manis juga tidak baik untuk kesehatan seperti nasehat dari orang tua terdahulu.

Ini merupakan Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Bau Mulut agar tetap segar dan tidak bau mulut sepanjang hari, dan anda pun makin percaya diri untuk tampil berkomunikasi dengan orang lain gayys..


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Bau Mulut"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!