Tips Install Facebook Messenger Pada Linux Dengan Messenger for Desktop Terbaru

Tips Install Facebook Messenger Pada Linux Dengan Messenger for Desktop Terbaru


Pada Aplikasi Messenger atau Facebook Messenger ini adalah sebuah aplikasi yang instant messenging bagian dari Facebook yang merupakan dari sosial media dengan jumlah pengguna yang paling banyak di dunia saat ini. Messenger yang sudah terinstegrasi dengan Facebook, pada semua pengguna yang memiliki akun dari sosial media Facebook tersebut yang dapat menggunakan Messenger tanpa harus membuat akun terlebih dahulu.

Bagi anda pengguna yang tidak memiliki akun Facebook, Messenger juga mengizinkan para penggunanya untuk menggunakan atau mendaftar Messenger hanya dengan melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor handphone saja.

Messenger adalah salah satu platform untuk instant messenging yang gratis. Bukan hanya untuk melakukan chatting, dengan Messenger kamu juga bisa melakukan pengiriman file, panggilan suara, dan lain-lain. Pada tanggal 27 April 2015 lalu, Facebook juga merilis fitur video call untuk aplikasi Messenger.

Setahun setelah dari fitur video call tersebut dirilis, tepatnya pada bulan April 2016 silam, Messenger merilis fitur group calling yang membuat pengguna dapat melakukan panggilan suara atau telepon bersama-sama dengan pengguna lain hingga 50 pengguna. Facebook melaporkan bahwa Messenger memiliki 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Pada saat pertama kali aplikasi Messenger yang dirilis tersebut, Messenger hanya tersedia untuk iOS dan Android saja, namun sekarang Messenger juga sudah tersedia untuk berbagai sistem operasi termasuk BlackBerry OS, Windows Phone, dan Web. Pada bulan Mei 2016 dan Facebook juga merilis Messenger untuk sistem operasi Windows 10 yang bisa diunduh di Windows Store.

Sementara pada Facebook ini juga tidak merilis aplikasi Messenger untuk pengguna sistem operasi Linux. Namun ada seorang developer yang bernama Axulian yang dapat membuat sebuah aplikasi client pada Facebook Messenger yang bisa digunakan untuk Linux bernama Messenger for Desktop. Aplikasi Messenger for Desktop sebenarnya bukan hanya untuk sistem operasi dari GNU/Linux, Messenger for Desktop juga bisa digunakan untuk sistem operasi Windows dan OS X.

Meski pengguna aplikasi Linux bisa menggunakan aplikasi Messenger dari versi Web, menggunakan Messenger versi aplikasi memiliki kelebihannya tersendiri. Messenger for Desktop adalah aplikasi yang open-source dengan tampilan yang simpel dan cantik sehingga nyaman digunakan oleh para pengguna.

Aplikasi Messenger for Desktop ini memiliki semua fitur yang dimiliki oleh Messenger. Selain itu semua fitur yang dimiliki oleh Messenger, berikut beberapa fitur yang bisa anda gunakan dengan menggunakan Messenger for Desktop :
  1. Mengganti Tema dan Mode Mini
  2. Pemberitahuan langsung (native notifications)
  3. Pemeriksa ejaan dan perbaikan ejaan (dalam Bahasa Inggris)
  4. Penggunaan shortcut / kombinasi keyboard yang memudahkan penggunaan Messenger.
  5. Dan pemberitahuan pembaruan aplikasi
Versi yang terbaru dari aplikasi Messenger for Desktop ini adalah Messenger for Desktop versi 2.0.4 beta.

MengInstall Aplikasi Messenger for Desktop di Debian, Ubuntu, Linux Mint dan turunan Ubuntu lainnya.

Untuk menginstall aplikasi Messenger for Desktop pada Linux ini, khususnya Debian 8+ dan Ubuntu serta turunannya tersebut. Buka Terminal dengan menekan kombinasi dari pada keyboard tersebut / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Kemudian masukkan perintah sebagai berikut untuk mengkonfirmasikan GPG key agar kalian dapat mendownload Messenger for Desktop tersebut :

sudo apt-key adv --keyserver pool.sks-keyservers.net --recv 6DDA23616E3FE905FFDA152AE61DA9241537994D

Ada beberapa versi dari aplikasi Messenger for Desktop yang tersedia, yaitu versi stable, beta dan development. Namun karena berbagai alasan, disarankan untuk menggunakan Messenger for Desktop versi beta yang sudah memiliki berbagai pembaruan.

Untuk menginstall Messenger for Desktop versi beta, masukkan perintah berikut di Terminal untuk manambah repository Messenger for Desktop versi beta.

echo "deb https://dl.bintray.com/aluxian/deb/ beta main" | sudo tee -a /etc/apt/sources.list.d/aluxian.list

Kemudian lakukan update repository dengan memasukkan perintah berikut di Terminal

sudo apt-get update

Setelah repository berhasil di-update. Install Messenger for Desktop dengan perintah berikut:

sudo apt-get install messengerfordesktop

Tunggu proses instalasi hingga selesai. Kemudian kalian dapat menjalankan aplikasi Messenger for Desktop tersebut melalui menu aplikasi, atau dengan mengetikkan perintah “messengerfordesktop” di Terminal tersebut.

Sumber : https://www.sudoway.id/install-facebook-messenger-di-linux

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Install Facebook Messenger Pada Linux Dengan Messenger for Desktop Terbaru"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!