Tips Menginstall Pitivi di Linux, Video Editor Open Source Kaya Fitur Terbaru



Tips Menginstall Pitivi di Linux, Video Editor Open Source Kaya Fitur Terbaru


Pitivi merupakan sebuah aplikasi video editor yang gratis dan open source yang khusus dibuat untuk sistem operasi dari GNU/Linux. Sebagai aplikasi open source, Pitivi berada di bawah lindungan dari GNU Lesser General Public License (LGPL).

Pitivi juga dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman dari Python dan menggunakan dari GStreamer multimedia framework. Pitivi terinstegrasi dengan baik dengan semua Desktop Environment yang ada di Linux, terutama GNOME Desktop Environment.

Pitivi diciptakan dengan semangat open source, dengan tujuan membuat semua orang dapat mengekspresikan diri mereka melalui video dengan membuat video menggunakan peralatan yang bisa dimiliki sepenuhnya dan bisa ditingkatkan sendiri sesuai dengan yang dibutuhkan. Pitivi memiliki cukup banyak fitur-fitur yang dapat memudahkan para penggunanya, serta membuat pengguna lebih mudah berkreasi dan menghemat waktu.

Diantaranya dengan fitur yang mampu menampilkan trimming video secara realtime, pengelompokan dan snapping, scrolling yang halus, mengatur dan mencari bahan lebih mudah secara realtime, penyetelan zoom secara otomatis, pemotongan video yang dapat dilakukan dengan mudah dan berbagai fitur-fitur lainnya.

Pitivi memiliki lebih dari 70 efek transisi yang bisa kamu gunakan sesuai dengan yang kamu inginkan, efek-efek tersebut merupakan efek-efek yang biasanya digunakan dan dibutuhkan oleh standar insdustri. Pada Pitivi juga memiliki sekitar ratusan efek video dan audio yang tersedia yang bisa kamu gunakan saya menggunakan aplikasinya tersebut.

Pitivi memiliki tampilan yang sangat cantik dengan design yang modern. Selain cantik, user interfaces Pitivi juga dibuat agar mudah digunakan, kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia dengan mudah karena user interfaces-nya cukup baik.

User interfaces Pitivi dirancang agar dapat mudah digunakan, sehingga Pitivi tidak hanya bisa digunakan oleh para professional yang sering berkerja dengan video editing, tapi juga para pengguna baru yang baru akan menggunakan video editor untuk mengedit video.

Pitivi juga mendukung berbagai bahasa yang ada di dunia yang bisa digunakan, termasuk bahasa Indonesia. Dengan didukungnya penggunaan bahasa Indonesia tentu akan membuat kamu lebih mudah dalam menggunakannya.

Install Video Editor Pitivi di Linux

Anda dapat Install Pitivi Dengan Melalui Official Repository di Ubuntu dan Turunannya

Pitivi sudah tersedia secara default pada official repository hampir semua distro populer Linux. Pada Ubuntu dan turunannya juga kamu dapat menginstal dari Pitivi dengan memasukkan perintah berikut di Terminalnya tersebut :

sudo apt-get update

sudo apt-get install pitivi

Kemudian kamu dapat menunggu proses update dan instalasi hingga selesai.

Namun pada versi Pitivi yang tersedia pada official repository tersebut bukan merupakan edisi terakhir dari rilis Pitivi tersebut. Biasanya Pitivi pada official repository merupakan versi Pitivi yang sudah using ya gayss.

Install Versi Terakhir Pitivi di Linux Menggunakan Flatpak

Sementara pada official repository dan distribusi-distribusi Linux masih menggunakan versi lamanya dari Pitivi, sedangkan versi baru dari Pitivi tersebut akan terus hadir dan mengalami berbagai peningkatan seperti peningkatan dan penambahan fitur ataupun perbaikan bug yang ada pada versi sebelumnya. Untuk menginstall versi terbaru dari Pitivi, kamu bisa menginstall Pitivi dari Flatpak.

Untuk menginstall Pitivi dari Flatpak, pastikan kamu sudah menginstall Flatpak terlebih dahulu pada perangkat kamu. Jika kamu belum memiliki Flatpak pada perangkat kamu, kamu bisa menginstall Flatpak terlebih dahulu dengan mengikuti tutorial ini.

Jika kamu sudah berhasil menginstall Flatpak tersebut. Maka kamu dapat membuuka Terminal, kemudian kamu dapat menginstall Pitivi dengan menggunakan Flatpak dengan memasukkan perintah berikut di Terminal. Kamu meng-copy perintah tersebut dan kemudian paste pada Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V.

flatpak install --user http://flatpak.pitivi.org/pitivi.flatpakref

Tunggu proses instalasi hingga selesai dan pastikan tidak ada pemberitahuan error atau kesalahan pada saat proses instalasi. Jika ada pemberitahuan error atau masalah pada saat proses instalasi. Jalankan perintah berikut satu-persatu pada Terminal.

curl https://git.gnome.org/browse/pitivi/plain/build/flatpak/pitivi-flatpak -Sso pitivi-flatpak

chmod +x pitivi-flatpak

./pitivi-flatpak --branch=stable --update

Masukkan langkah perintah-perintah tersebut satu persatu, tunggu proses dari setiap langkah tersebut hingga selesai dan berhasil. Jika sudah selesai. Coba ulangi langkah instalasi Pitivi melalui Flatpak seperti sebelumnya atau dengan menggunakan perintah berikut :

flatpak install --user http://flatpak.pitivi.org/pitivi.flatpakref

Kemudian kamu dapat menunggu dari proses instalasi Pitivi tersebut dengan menggunakan Flatpak hingga selesai. Jika proses instalasi sudah selesai, kamu dapat membuka Pitivi dari menu aplikasi seperti aplikasi pada umumnya. Kamu sudah bisa memulai menggunakan Pitivi untuk mengedit video yang kamu inginkan tersebut.

Cara Update Pitivi Terbaru Menggunakan Flatpak

Jika kamu telah berhasil menginstall Pitivi dengan menggunakan Flatpak dan ingin memperbaharui Pitivi kamu dan jika versi terbaru dari Pitivi sudah tersedia maka kamu dapat menggunakannya.

Kamu dapat memperbaharui dari Pitivi dengan memasukan perintah berikut pada Terminal :

flatpak --user update org.pitivi.Pitivi

Jika versi baru sudah tersedia, maka versi terbaru dari Pitivi akan diunduh dan diperbaharui. Tunggu proses update tersebut hingga selesai.

Sumber : https://www.sudoway.id/install-pitivi-di-linux-video-editor-kaya-fitur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menginstall Pitivi di Linux, Video Editor Open Source Kaya Fitur Terbaru"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!