Tips Menginstall Slack di Linux, Dan Aplikasi Chatting Untuk Komunikasi Tim Anda Dengan Mudah



Tips Menginstall Slack di Linux, Dan Aplikasi Chatting Untuk Komunikasi Tim Anda Dengan Mudah


Bagaimana Anda melakukan komunikasi dengan teman-teman komunitas atau teman-teman kerja anda untuk mendiskusikan pekerjaan yang sedang kalian lakukan dari jarak jauh? Iya, kamu menggunakan aplikasi chatting.

Apalagi jika anda adalah seorang developer yang sedang mengerjakan project kolaborasi dengan teman-teman yang lain dalam sebuah tim, atau sedang mengerjakan sebuah product untuk perusahaan atau startup tempat anda bekerja.

Dibandingkan harus menggunakan dengan email untuk berkomunikasi atau aplikasi dari chatting lainnya yang pada umumnya, menggunakan Slack akan jauh lebih efektif dan efesien. Slack adalah sebuah platform chatting ini yang dirancang khusus untuk melakukan komunikasi untuk tim, perusahaan atau grup kerja anda lainnya.

Karena dirancang khusus untuk berkomunikasi dengan tim, yang menggunakan Slack untuk alat komunikasi tim akan membuat komunikasi menjadi lebih baik. Dengan fitur Team tersebut dan Channel yang dimiliki Slack tersebut, membuat ruang percakapan pada tim anda lebih fokus dan tidak tercampur dengan tim atau topik lainnya.

Kemudian dengan menggunakan Slack ini anda akan bisa berbagi data dengan sangat lebih mudah dengan tim anda tersebut, Slack mendukung berbagai format data yang bisa dibagikan. Dan data yang dibagikan akan tersimpan ke penyimpanan Cloud milik Slack tersebut. Disini Anda juga bisa mengintegrasikan Slack dengan berbagai layanan Cloud lain misalkan seperti DropBox, OneDrive, Box, dan Google Drive.

Slack juga memungkinkan anda untuk melakukan integrasi dengan berbagai layanan lain yang kamu butuhkan untuk bekerja dengan tim anda. Misalnya tim kamu adalah tim developer, anda bisa mengintegrasikan Slack dengan GitHub atau aplikasi-aplikasi lain.

Pada Slack sebenarnya adalah merupakan dari platform chatting yang berbasis web, anda bisa menggunakan Slack melalui web browser. Namun jika anda lebih nyaman menggunakan aplikasi, anda bisa menggunakan Slack versi aplikasi yang tersedia untuk Desktop.

Pada aplikasi desktop untuk Slack tersedia untuk digunakan di berbagai sistem operasi, diantaranya adalah Windows, Mac OS, dan Linux. Di Linux sendiri, Slack bisa digunakan di sistem Ubuntu, Debian, dan Fedora. Namun sejauh ini, pada aplikasi Desktop Slack tersebut untuk di gunakan pada Linux masih merupakan versi beta dan hanya bisa tersedia untuk sistem 64 bit saja.

Install Slack di Ubuntu dan Debian

Anda juga bisa menginstall Slack di distro Ubuntu dan Debian (dan turunannya) dengan menggunakan file package “.deb” yang bisa anda unduh disini. Unduh file “.deb” tersebut sesuai dengan distro yang kamu gunakan. Untuk distro Debian, unduh file package “.deb” yang sama yang digunakan untuk Ubuntu. Setelah selesai mengunduh, buka folder ‘Download’ dan pastikan file “.deb” dari Slack yang sudah kamu unduh sebelumnya berada pada folder ‘Download’ tersebut.

Kemudian anda dapat membuka Terminal dengan menekan kombinasi dari keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi. Karena file unduhan tersebut berada pada folder ‘Download’, ketik perintah berikut pada Terminal agar anda masuk ke folder ‘Download’:

cd ~/Downloads

Kemudian install Slack dengan memasukkan perintah perintah berikut di Terminal:

sudo dpkg -i nama_file.deb

Ganti kata “name_file.deb” pada perintah tersebut dengan nama file dari Slack yang sudah kamu unduh sebelumnya, biasanya nama tersebut diikuti dengan versi dari Slack yang anda unduh. Misalnya seperti berikut :

sudo dpkg -i slack-desktop-2.6.3-amd64.deb

Sesuaikan dengan nama filenya tersebut dengan versi Slack yang anda unduh tersebut. Kemudian anda dapat menunggu proses dari penginstalasi tersebut hingga selesai dan pastikan tidak ada yang error pada saat proses instalasi.

Jika ada pemberitahuan error atau gagal pada saat proses instalasi Slack karena ada depedensi yang dibutuhkan oleh Slack namun tidak ada pada desktop yang anda gunakan, ketikkan perintah berikut pada Terminal untuk menginstal depedensi tersebut :

sudo apt-get install -f

Tunggu proses instalasi depedensi tersebut hingga selesai. Setelah selesai, ulangi langkah menginstall Slack sebelumnya dan pastikan proses instalasi Slack berhasil dan tidak ada lagi error yang terjadi. Setelah instalasi berhasil, anda dapat membuka Slack dari menu aplikasi desktop kamu dan mulai menggunakan Slack untuk keperluan kerja tim anda.

Cara Update Slack di Debian dan Ubuntu

Untuk meng-update atau memperbaharui Slack ke versi terbaru ketika ada pembaharuan agar kamu mendapatkan fitur-fitur terbaru atau untuk memperbaiki bug. Ketikkan perintah berikut di Terminal :

sudo apt-get update

Tunggu proses update hingga selesai. Kemudian upgrade dengan memasukkan perintah berikut :

sudo apt-get upgrade

Tunggu proses upgrade hingga selesai dan pastikan tidak ada error yang terjadi pada saat proses upgrade.
Sumber : https://www.sudoway.id/install-slack-di-linux-ubuntu-debian

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menginstall Slack di Linux, Dan Aplikasi Chatting Untuk Komunikasi Tim Anda Dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!