Penerbangan Komersil Di Bandara Wamena Siap Dibuka Kembali Pada Tanggal 22 Juni 2020, Setelah hampir 3 Bulan Ditutup.

Penerbangan Komersil Di Bandara Wamena Siap Dibuka Kembali Pada Tanggal 22 Juni 2020, Setelah hampir 3 Bulan Ditutup



Penerbangan komersial di Bandar Udara Wamena siap dibuka kembali, setelah ditutup hampir tiga bulan.

Pembukaan kembali penerbangan penumpang di bandara Wamena Kabupaten jayawijaya ini tentu akan dilakukan dengan pemberlakuan berbagai aturan sesuai protocol kesehatan dimasa pandemic Covid-19 seperti saat ini.

Ketua Asosiasi Bupati Sepegunungan Tengah Papua, Befa Yigibalom, mengatakan pembukaan kembali penerbangan penumpang komersil di bandara Wamena ini berkaitan dengan pemberlakuan new normal di berbagai wilayah atau tatanan kehidupan baru di seluruh Kabupaten yang ada di Lapago bahkan di seluruh Indonesia.

Selain itu, pembukaan penerbangan ini juga mengingat banyak warga Lapago yang berada di luar daerah, sehingga alangkah baiknya mereka dapat kembali ke daerah masing-masing di Lapago yang tentu dengan pemeriksaan ketat sesuai protokol Covid-19.

“Dari pertemuan ini kami sepakati yang pertama, bahwa dalam seminggu kedepan setelah disosialisasikan maka pintu pesawat (pesawat penumpang) akan dibuka kembali, dan segala hal terkait teknis pelaksanaan keputusannya akan dikeluarkan oleh pemda Kabupaten Jayawijaya,” ungkap kata Bapak Befa, usai pertemuan dengan Asosiasi Bupati Sepegunungan Tengah Papua, yang  telah berlangsung di Gedung Otonom kabupaten Jayawijaya, pada hari Sabtu (13/06/2020).

Sebelum pembukaan kembali penerbangan penumpang di bandara Wamena Yang akan di rencanakan pada tanggal 22 Juni nanti, selama seminggu kedepan akan dilakukan sosialisasi oleh pemda masing-masing prosedur apa saja yang harus dilakukan dan Yang harus di siapkan sesuai protokol Covid-19.

Salah satunya, setiap penumpang dari luar daerah yang tiba dibandara Wamena wajib rapid tes. “Jadi nanti setiap penumpang wajib rapid tes. Siapapun orangnya wajib, termasuk pejabat, jadi akan ditempatkan keamanan di sana (bandara). Pasti akan ada pro dan kontra tapi ingat nyawa mereka (warga Lapago yang ada di luar daerah) sama seperti nyawa kita. Sehingga warga kita yang ada di seluruh Papua kita buka pintu untuk mereka kembali pulang kampung,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan diwajibkan rapid test bagi setiap penumpang yang tiba di bandara Wamena tentu untuk menjaga keselamatan sesama. “Jadi, sa jaga ko, ko jaga sa, kita semua selamat,” pungkasnya.
Selain diwajibkan rapid tes setelah tiba di bandara Wamena, para penumpang juga diwajibkan mengantongi surat kesehatan bebas covid-19 dari tim gugus tugas daerah asal. Tidak hanya itu, setelah tiba di Wamena dan dilakukan rapid tes, yang bersangkutan juga wajib melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari dan akan dipantau petugas. 





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerbangan Komersil Di Bandara Wamena Siap Dibuka Kembali Pada Tanggal 22 Juni 2020, Setelah hampir 3 Bulan Ditutup."

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!