Sebanyak 8 Titik Banjir di Gorontalo Dini Hari, 12 Juni 2020



Sebanyak 8 Titik Banjir di Gorontalo Dini Hari, 12 Juni 2020



Sebanyak 8 titik yang terdapat di Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo dijadikan lokasi pengungsian warga korban bencana banjir bandang Sungai Bone. Lokasi pengungsian ini disiapkan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan. Untuk lokasi yang berada di Kabupaten Bone Bolango, di Kecamatan Suwawa berada di Desa Boludawa, Kecamatan Suwawa Timur di Desa Tulabolo,

Pada Kecamatan Suwawa Selatan di Desa Bondawuna dan Kecamatan Kabila di Desa Dutohe. Di Kota Gorontalo lokasi pengungsian dipusatkan di Kelurahan Ipilo, Kelurahan Bugis, kantor Wali Kota dan Lapangan Taruna Remaja. “Sampai malam ini kami masih fokus pada evakuasi penyelamatan warga yang masih terjebak banjir,” kata M Rizal, Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Provinsi Gorontalo, Jumat (12/6/2020) dini hari.

Daerah di Gorontalo pada titik pengungsian, warga yang berkumpul menyelamatkan diri, mereka membawa anggota keluarganya dengan barang-barang yang bisa diselamatkan. Para pengungsi ini masih membutuhkan makanan siap saji, alas tidur, pakaian hangat untuk orang dewasa, anak dan bayi, serta keperluan lainnya. “Air begitu cepat meninggi, kami hanya bisa menyelamatkan barang yang penting saja, sisanya tidak kami bawa,” kata Balgis Suleman, warga Ipilo.

Di Kelurahan Bugis yang berada di muara Sungai Bone tersebut air sudah mulai menyurut, yang tersisa adalah lumpur dan kotoran yang menumpuk di rumah dan halaman. Pada Jalan-jalan juga masih banyak dipenuhi endapan dan sampah yang dibawa banjir. Demikian juga dengan fasilitas publik seperti sekolah, tempat ibadah, kantor pemerintah. Baca juga: Jembatan Molintogupo Hanyut Terseret Aliran Sungai Bone Banjir bandang yang menghantam 2 daerah, Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo ini berasal dari luapan Sungai Bone.

Diduga hujan yang sangat lebat di daerah hulu yang berada di daerah aliran sungai telah menggenangi kampung-kampung sekitar sungai. Bahkan, di Kecamatan Pinogu yang berada di enclave hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone sudah dihantam terlebih dulu. Setelah itu, air bah menggelontor ke sisi bawah dan menyapu beberapa desa di Kecamatan Suwawa Timur, Suwawa Selatan, Suwawa Tengah, Suiwawa, Kabila, dan kemudian meluncur ke Kota Gorontalo sebelum berakhir di Teluk Tomini Akibat banjir bandang ini belum diketahui jumlah kerugiannya, namun Jembatan Molintogupo putus.




https://regional.kompas.com/read/2020/06/12/08040981/banjir-bandang-gorontalo-8-titik-pengungsian-disiapkan?page=all

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebanyak 8 Titik Banjir di Gorontalo Dini Hari, 12 Juni 2020"

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda, asal jangan nyepam disini loh yah!